MANAJEMEN PROGRAM EVALUASI DIRI SEKOLAH DI SMP NEGERI 9 PURWOKERTO KABUPATEN BANYUMAS

Nita Anitasari, NIM. 1223303084 (2016) MANAJEMEN PROGRAM EVALUASI DIRI SEKOLAH DI SMP NEGERI 9 PURWOKERTO KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (952kB) | Preview
[img] Text
NITA ANITASARI_MANAJEMEN PROGRAM EVALUASI DIRI SEKOL DI SMP NEGERI 9 PURWOKERTO KABUPATEN BANYUM.PDF
Restricted to Registered users only

Download (951kB)

Abstract

Manajemen Program Evaluasi Diri Sekolah di SMP Negeri 9 Purwokerto merupakan suatu proses kegiatan untuk merencanakan, mengorganisasikan, mengaktualisasikan, melaksanakan pengawasan dan penilaian terhadap program dan kegiatan yang ada di sekolah dalam rangka peningkatan mutu sekolah sehingga proses kegiatan yang berkaitan dengan Evaluasi Diri Sekolah dapat berlangsung secara sistematis, efektif dan efisien, sehingga tujuan dapat tercapai dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan manajemen program Evaluasi Diri Sekolah di SMP Negeri 9 Purwokerto, yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan, dan penilaian. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan, penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang menghasilkan data deskriptif yang berupa dokumen tertulis maupun lisan dari orang-orang atau pelaku yang diamati oleh penulis. Dalam hal ini teknik-teknik dalam mengumpulkan data adalah melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk teknik analisis dan keabsahan data yang penulis pakai menggunakan tiga langkah yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sasaran penelitian ini adalah Kepala SMP Negeri 9 Purwokerto. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses manajemen program Evaluasi Diri Sekolah di SMP Negeri 9 Purwokerto meliputi: (1) perencanaan meliputi workshop sekolah dan rapat mengenai program-program sekolah dalam satu tahun ke depan, (2) pengorganisasian yaitu pembentukkan Tim Pengembang Sekolah meliputi kepala sekolah, komite, guru dan karyawan, (3) pelaksanaan meliputi penggunaan instrumen Evaluasi Diri Sekolah dan pelaksanaan program tahunan sekolah, (4) pengawasan dilakukan oleh kepala sekolah dengan pendekatan secara individual maupun kelompok, (5) penilaian berupa evaluasi kinerja per program dan pembuatan laporan Evaluasi Diri Sekolah sebagai tindak lanjut/rekomendasi program sekolah dan untuk kepentingan Dinas Pendidikan Kabupaten.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Evaluasi Diri Sekolah, Perencanaan, Pengorganisasian, Pelaksanaan, Pengawasan, Penilaian.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.2 School Administration and Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto
Date Deposited: 02 Aug 2016 00:22
Last Modified: 02 Aug 2016 00:22
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/606

Actions (login required)

View Item View Item