PENGARUH KECEMASAN MATEMATIKA DAN GAYA BELAJAR SISWA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA KELAS XI MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) 2 CILACAP

Slamet Pamuji, 1522407038 (2019) PENGARUH KECEMASAN MATEMATIKA DAN GAYA BELAJAR SISWA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA KELAS XI MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) 2 CILACAP. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
skripsi full_SLAMET PAMUJI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Matematika merupakan ilmu yang diajarkan dari tingkat dasar sampai tingkat perguruan tinggi, Adapun beberapa tujuan mempelajari matematika di sekolah yaitu untuk mengembangkan berbagai kemampuan yang dimiliki siswa salah satunya adalah kemampuan pemecahan masalah. Kemampuan pemecahan matematika merupakan suatu kemampuan yang sangat dibutuhkan dalam suatu proses pembelajaran di sekolah. Faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan suatu kemampuan pemecahan masalah matematika diantaranya ialah faktor kecemasan matematika dan gaya belajar siswa. Dengan memperhatikan kecemasan matematika dan gaya belajar yang dimiliki oleh siswa terdapat banyak bukti yang menunjukan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika akan meningkat. Berangkat dari hal tersebut dengan meminimalisisr adanya suatu kecemasan matematika dan mengembangkan suatu gaya belajar siswa yang sesuai dengan bakat yang diminatinya maka akan semakin meningkat pula suatu kemampuan pemecahan masalah matematika pada siswa di suatu sekolah. Jenis Penelitian ini termasuk penelitian lapangan atau Field Research denganmetodeEx Post Factodan teknik analisis data statistik regresi linier berganda. Pengumpulan data yang diperoleh melalui angket kecemasan matematika, angket gaya belajar siswa, dan soal kemampuan pemecahan masalah matematika. Adapun tempat penelitiannya di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Cilacap. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) tidak ada pengaruh yang signifikan antara kecemasan matematika terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika, dimana nilai thitung sebesar 1,537 dan tingkat signifikansi 0,126 ≥ 0,05. (2) ada pengaruh yang positif dan signifikan antara gaya belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika, dimana nilai thitung sebesar 2,457 dan tingkat signifikansi 0,015< 0,05. (3) ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kecemasan matematika dan gaya belajar secara bersama-sama terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika kelas XI MAN 2 Cilacap, dimana nilai Fhitung(5,362) dan nilai signifikan 0,005 < 0,05. Bentuk dari persamaan regresi linier berganda yang diperoleh dari data diatas adalahY ̂ = 18,656 + 0,316X1 + 0,889X2. Sedangkan pengaruh antara kecemasan matematika dan gaya belajar siswa secara bersama-sama terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika kelas XI MAN 2 Cilacap dalam bentuk persentase sebesar 4,1%.dan 95,9% depengaruhi oleh selain faktor kecemasan matematika dan gaya belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kecemasan Matematika, Gaya Belajar, Pemecahan Masalah.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 370.1 Phylosophy and Theory of Education > 370.15 Psychology of Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 22 Aug 2019 07:40
Last Modified: 22 Aug 2019 07:40
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/5970

Actions (login required)

View Item View Item