IMPLEMENTASI MANAJEMEN PERKANTORAN DI MTs NEGERI MODEL PURWOKERTO

LAELA ISRO’ RIA INDAH SARI, NIM. 1123303033 (2016) IMPLEMENTASI MANAJEMEN PERKANTORAN DI MTs NEGERI MODEL PURWOKERTO. Skripsi thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Cover, Bab I, V, Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
LAELA ISRO’ RIA INDAH SARI_IMPLEMENTASI MANAJEMEN PERKANTORAN DI MTs NEGERI MODEL PURWOKERTO.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Sejalan dengan tantangan perkembangan kehidupan globalisasi didalam dunia keaktifan suatu ilmu pengetahuan dan teknologi, sekolah dituntut untuk dapat bersaing dengan alat-alat modern yang serba canggih dan mampu melaksanakan tugas kewajiban secara cepat dan tepat waktu. Sekolah mempunyai fungsi sebagai pusat pendidikan untuk pembentukan pribadi anak. Sehingga dapat mengenyam pendidikan agar kemampuan anak teroptimalkan di sekolah yang bermutu. Berbagai cara dan strategi dilakukan oleh sekolah mulai dari perbaikan kurikulum, peningkatan sumber daya manusia (guru) dan peningkatan sub-sub manajemen lainnya. Selanjutnya, yang tidak kalah pentingnya adalah peningkatan perbaikan manajemen yang ada di sekolah khususnya manajemen perkantoran. Tujuan dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan tentang implementasi manajemen perkantoran di MTs Negeri Model Purwokerto. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan antara lain metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Jenis observasi yang penulis lakukan observasi non partisipan (observasi terstruktur). Metode wawancara yang digunakan oleh penulis adalah wawancara semi terstruktur. Teknik analisis data penulis yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Subjek penelitian ini yaitu kepala madrasah, kepala tata usaha, dan staff karyawan tata usaha di MTs Negeri Model Purwokerto secara langsung dengan pengamatan penulis. Dari hasil analisis yang dilakukan penulis dapat mengambil kesimpulan bahwa manajemen perkantoran yang dilakukan oleh MTs Negeri Model Purwokerto sudah terlaksana dengan baik, terarah, dan tanggung jawab dengan sesuai tujuan yang telah ditetapkan melalui tahapan-tahapan sistem perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, pengontrolan, dan penilaian. Dengan adanya manajemen perkantoran maka sistem kinerja dan sarana prasarana yang ada kantor dapat diketahui dengan tujuan yang diinginkan oleh madrasah. Dan manajemen perkantoran akan menghasilkan feedback terhadap seluruh kegiatan manajemen perkantoran dan menghasilkan tindak lanjut (follow up) dengan bertujuan untuk proses perencanaan selanjutnya agar menjadi lebih baik dan memperbaiki masalah atau kesalahan yang ditemukan selama proses pelaksanaan kegiatan berlangsung. Kata Kunci: Manajemen Perkantoran, MTs Negeri Model Purwokerto.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.2 School Administration and Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Abd El-Rohim El-Qathamiyyi
Date Deposited: 28 Jul 2016 06:50
Last Modified: 28 Jul 2016 06:50
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/582

Actions (login required)

View Item View Item