HUBUNGAN KEBIJAKAN KEPALA SEKOLAH DENGAN KINERJA GURU DI SMK NEGERI 3 PURWOKERTO

SYIFA MUSYAFA, 1423303033 (2019) HUBUNGAN KEBIJAKAN KEPALA SEKOLAH DENGAN KINERJA GURU DI SMK NEGERI 3 PURWOKERTO. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (501kB) | Preview
[img] Text
SYIFA MUSYAFA_HUBUNGAN KEBIJAKAN KEPALA SEKOLAH DENGAN KINERJA GURU DI SMK NEGERI 3 PURWOKERTO.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Kepala sekolah sebagai pemimpin sekolah, mempunyai peranan penting untuk menggerakan, membimbing, melindugi, membina, memberi teladan, dorongan serta batuan kepada guru, murid dan staf di sekolah. Peran dan fungsi yang paling penting bagi kepala sekolah adalah dapat menggerakan segala sumber yang ada pada suatu sekolah. Sehingga dapat digunakan secara maksimal untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara kebijakan kepala sekolah dengan kinerja guru. Penelitia ini dilaksanakan pada bulan Januari-Maret di SMK Negeri 3 Purwokerto. Metode penelitian ini adalah metode survei dengan pendekatan korelasional. Populasi penelitian ini adalah guru SMK Negeri 3 Purwokerto. Sampel yang diambil adalah setengah dari populasi yaitu 40 orang guru, maka penelitian ini termasuk penelitian sensus. Instrument penelitian yang digunakan skala dengan lima alternatif jawaban. Maka dari hasil penelitian ini yaitu penelitian diinterpretasikan bahwa kebijakan kepala sekolah dan kinerja guru saling berhubungan, walaupun hasil perhitungan menyatakan bahwa terdapat hubungan yang sedang atau cukup. Dapat diketahui bahwa koefisien korelasi antara variabel kebijakan dengan kinerja guru sebesar 0,453 dengan signifikasi 0,003(sig<0.005), maka terdapat hubungan antara kebijakan kepala sekolah dengan kinerja guru di SMK Negeri 3 Purwokerto. Maka diketahui perhitungan r_hitung 0,453 lebih besar dari r_tabel 0,312 (0,453 > 0,312) maka taraf 5% hipotesis alternatif diterima, berarti pada taraf sigifikan 5% maupun 1% terdapat korelasi positif antara variabel X (Kebijakan Kepala Sekolah) dan Y (Kinerja Guru). Dan berdasarkan dari perhitungan Koefisien Determinan dapat diketahui bahwa kinerja guru dipengaruhi oleh kebijakann kepala sekolah sebesar 21,1%. Sedangkan sisanya 78.9% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain. Sehingga hipotesis Ho yang menyatakan bahwa tidak terdapat hubungan antara kebijakan kepala sekolah dengan kinerja guru ditolak, dengan demikian hipotesis Ha yang menyatakan bahwa ada hubungan antara kebijakan kepala sekolah dengan kinerja guru diterima. Dari hasil korelasi tersebut dapat dilihat bahwa korelasi dari kedua variabel bersifat positif, yaitu semakin efektif kebijakan oleh kepala sekolah, maka akan semakin tinggi kinerja guru di SMK Negeri 3 Purwokerto.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kebijakan Kepala Sekolah, Kinerja Guru
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3302 Administrasi dan Manajemen
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 30 Jul 2019 07:25
Last Modified: 30 Jul 2019 07:25
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/5789

Actions (login required)

View Item View Item