STRATEGI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI SMA NEGERI AJIBARANG KECAMATAN AJIBARANG KABUPATEN BANYUMAS TAHUN AJARAN 2011-2012

RAHMA NURFAIDAH, NIM. 082332009 (2012) STRATEGI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI SMA NEGERI AJIBARANG KECAMATAN AJIBARANG KABUPATEN BANYUMAS TAHUN AJARAN 2011-2012. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
RAHMA NURFAIDAH_STRATEGI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI SMA NEGERI AJIBARANG KECAMATAN AJIBARANG KABUPATEN BANYUMAS TAHUN AJARAN 2011-2012.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Cover, Bab I, Bab V, Daftar Pustaka.pdf

Download (837kB) | Preview

Abstract

Bahasa Arab bukan bahasa ibu dan merupakan bahasa kedua, yang mempunyai banyak perbedaan baik dari struktur kalimat, pelafalan, tata bahasanya dan lain-lain. Pembelajaran bahasa Arab di SMA berbeda dengan di MA, berbeda pula dengan pendidikan bahasa Arab di usia dini baik di MI, MTs karena sudah memiliki karakteristik yang berbeda maka dari itu tidak dapat disamakan. Dari berbagai permasalahan tersebut dalam pembelajaran bahasa Arab atau bahasa kedua harus memiliki strategi-strategi khusus untuk menguasai beberapa komponen dasar yang perlu dikuasai dalam belajar bahasa Arab seperti menyimak, membaca, menulis maupun berbicara. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengetahui gambaran berbagai strategi pembelajaran bahasa Arab yang diterapkan di kelas X di SMA Negeri Ajibarang, Kabupaten Banyumas. Adapun rumusan masalah yang menjadi fokus dalam penelitian ini adalah “Bagaimana Strategi Pembelajaran Bahasa Arab di SMA Negeri Ajibarang, Kabupaten Banyumas?”. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) yang menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk menggali data terkait strategi pembelajaran bahasa Arab. Adapun yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah guru bahasa Arab. Penulis menggali data dari guru bahasa Arab di SMA Negeri Ajibarang untuk memperoleh data tentang proses pembelajaran bahasa Arab yang menggunakan strategi pembelajaran. Temuan hasil penelitian ini adalah guru pengampu materi pelajaran bahasa Arab di SMA Negeri Ajibarang bukan lulusan dari pendidikan bahasa Arab melainkan Sarjana Ekonomi akan tetapi, walaupun bukan berasal dari besik pendidikan, guru menggunaan berbagai macam strategi pembelajaran bahasa Arab dalam pembelajarannya. Adapun beberapa strategi pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran bahasa Arab di kelas X SMA Negeri Ajibarang, Kabupaten Banyumas antara lain teknik alpabetis dan teknk sintesis, strategi pembelajaran Mudzakarah Muwajjahah, ta’bir al-kalimat al-fabi’iyah dipadukan dengan al-kalimat al-musalsalah, Talkhis Magza, Tamtsiliyah, Mudzakarat al-Talamidz yang dipadukan dengan Talkhis Jama’i. Selain itu dalam pembelajaran bahasa Arab di SMA Negeri Ajibaran terdapat faktor pendukung dan penghambat pencapaian strategi pembelajaran bahasa Arab. Faktor Pendukung antara lain: Adanya dukungan yang baik dari semua pihak, seperti kepala sekolah dan guru-guru lain dan peserta didik yang aktif berpartisiipasi dalam pembelajaran bahasa Arab. Sedangkan faktor Penghambat antara lain: belum adanya kurikulum tentang bahasa Arab di SMA, belum adanya buku panduan bagi siswa dalam belajar bahasa Arab, siswa belum bisa membaca tulisan Arab karena kebanyakan berasal dari sekolah umum yang pendidikan agamanya kurang, serta terdapat siswa non-muslim yang sama sekali belum mengenal huruf Arab.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Teachers and Teaching
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Restu Umar Fauzi
Date Deposited: 28 Jul 2016 04:09
Last Modified: 28 Jul 2016 04:09
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/577

Actions (login required)

View Item View Item