USAHA YAYASAN AL-HIDAYAH PURWOKERTO DALAM MEWUJUDKAN SEKOLAH YANG TERAKREDITASI UNGGUL

ZAKIYATUL INGANAH, 1522401046 (2019) USAHA YAYASAN AL-HIDAYAH PURWOKERTO DALAM MEWUJUDKAN SEKOLAH YANG TERAKREDITASI UNGGUL. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
ZAKIYATUL INGANAH_USAHA YAYASAN AL-HIDAYAH PURWOKERTO DALAM MEWUJUDKAN SEKOLAH YANG TERAKREDITASI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Terakreditasi unggul adalah pengakuan mengenai hasil akreditasi yang diberikan dari tim akreditasi (BAN S/ M) kepada sekolah atau madrasah swasta sesuai dengan panduan akreditasi sehingga dapat memperoleh hasil yang unggul. Yayasan Al-Hidayah Purwokerto memiliki sekolah dan madrasah yang sudah terakreditasi maksimal dengan jumlah empat dari delapan sekolah yang berada di bawah naungan Yayasan Al-Hidayah Purwokerto, tiga sekolah masih kategori baik dan satu sekolah masih kategori cukup. Yayasan Al-Hidayah Purwokerto selalu berusaha untuk mewujudkan sekolah yang terakreditasi maksimal di semua sekolah atau madrasah yang berada di bawah naungannya. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui usaha Yayasan Al-Hidayah Purwokerto dalam mewujudkan sekolah yang terakreditasi unggul. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini yaitu ketua pengurus yayasan, wakil ketua pengurus yayasan, kepala sekolah atau madrasah dan guru, sedangkan objek penelitiannya adalah usaha yayasan untuk wewujudkan sekolah supaya terakreditasi maksimal. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, dokumentasi dan observasi. Kemudian proses analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data model Miles and Huberman dengan tiga langkah yaitu reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan atau verifikasi. Berdasarkan pembahasan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa usaha Yayasan Al-Hidayah Purwokerto untuk mewujudkan sekolah supaya terakreditasi maksimal adalah melalui persiapan jauh-jauh hari, membuat tim sukses akreditasi, melakukan study banding, melengkapi sarana dan prasarana secara bertahap, dan mengembangkan sumber pendapatan sekolah. Pencapaian keberhasilan usaha tersebut dapat dilihat melalui peringkat akreditasi di sekolah atau madrasah yang sudah mencapai 50 % terakreditasi unggul dan peningkatan peringkat akreditasi di setiap periodenya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Usaha Yayasan, Terakreditasi Unggul.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3202 Administrasi dan Manajemen
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 25 Jul 2019 02:15
Last Modified: 25 Jul 2019 02:15
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/5666

Actions (login required)

View Item View Item