EFEKTIFITAS KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH PEREMPUAN DI SD NEGERI 2 PABUWARAN KECAMATAN PURWOKERTO UTARA KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2011/2012

Lisa Oktavia Tritanti, 082333045 (2012) EFEKTIFITAS KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH PEREMPUAN DI SD NEGERI 2 PABUWARAN KECAMATAN PURWOKERTO UTARA KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (970kB) | Preview
[img] Text
LISA OKTAVIA TRITANTI_Efektifitas Kepemimpinan Kepala Sekolah Perempuan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Masalah kepemimpinan merupakan masalah yang tidak pernah sepi untuk dibicarakan, karena setiap organisasi atau lembaga apapun membutuhkan pemimpin apalagi jika suatu organisasi atau lembaga ingin berjalan efektif maka kehadiran seorang pemimpin sangat penting adanya. Menjadi seorang pemimpin memanghlah tidak mudah, mereka harus mampu menjadi teladan, memberi motivasi, dan harus bisa diterima oleh para pegawainya. Pemimpin dalam hal ini adalah kepala sekolah. Kepala Sekolah adalah pemimpin tertinggi disekolah. Pola kepemimpinanya akan sangat berpengaruh bahkan sangat menentukan terhadap kemajuan sekolah, bahkan seluruh sekolah yang berhasil akan selalu menunjuk bahwa kepemimpinan kepala sekolah adalah kunci keberhasilan. Tugas kepala sekolah sebagai tenaga pendidikan juga bisa dilihat dalam undang-undang RI No.20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional ( SISDIKNAS ) bab XI pasal 39 tentang pendidikan dan tenaga kependidikan, disebutkan bahwa: tenaga pendidikan bertugas melaksanakan administrasi, pengelolaan, pengembangan, pengawasan, dan pelayanan teknis untuk menunjang proses pendidikan pada satuan pendidikan ( UU Sisdiknas, 2003: 21 ). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keberhasilan kepala sekolah perempuan dalam menjalankan fungsi kepemimpinanya di SD Negeri 2 Pabuwaran serta mengetahui efektifitas kepemimpinan kepala sekolah perempuan dalam mengelola lembaga pendidikan di SD Negeri 2 Pabuwaran. Hasil dari penelitian yang penulis lakukan bahwa kepala sekolah perempuan menjalankan fungsi dan tugasnya dengan baik. Dengan pengelolaan lembaga pendidikan yang diterapkan di SD Negeri 2 Pabuwaran menunjukan bahwa terdapat tingkat efektifitas dalam pengelolaan lembaga pendidikan. Hal ini dapat dilihat dari beberapa indikator efektifitas antara lain: a) mampu memberdayakan guru untuk melaksanakan proses pembelajaran dengan baik, lancar, dan produktif, b) menyelesaikan tugas dan pekerjaan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan, c) menjalin hubungan yang harmonis dengan masyarakat sehingga dapat melibatkan mereka secara efektif dalam rangka mewujudkan tujuan pendidikan, d) menerapkan prinsip kepemimipinan yang sesuai dengan tingkat kedewasaan guru dan pegawai di lembaga pendidikan, e) bekerja dengan tim manajemen, f) mewujudkan tujuan pendidikan secara produktif sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan. Kata Kunci: Efektifitas Kepemimpinan Kepala Sekolah Perempuan Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.2 School Administration
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Indah Wijaya Antasari
Date Deposited: 27 Jul 2016 08:25
Last Modified: 27 Jul 2016 08:25
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/561

Actions (login required)

View Item View Item