STRATEGI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI KELAS VIII SMP Ya BAKII 05 KESUGIHAN CILACAP TAHUN PELAJARAN 2012-2013

NELY SYARIFAH, NIM.082332044 (2012) STRATEGI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI KELAS VIII SMP Ya BAKII 05 KESUGIHAN CILACAP TAHUN PELAJARAN 2012-2013. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
NELY SYARIFAH_STRATEGI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI KELAS VIII SMP Ya BAKII 05 KESUGIHAN CILACAP TAHUN PELAJARAN 2012-2013.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Cover, Bab I, Bab V, Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Dalam proses pembelajaran, terkadang memunculkan rasa kebosanan atau kejenuhan terhadap siswa, hal itu karna adanya beberapa faktor salah satunya adalah dari guru, yang mana guru dalam menyampaikan materi sangat monoton dan tidak kreatif. Oleh sebab itu, dibutuhkannya seorang guru yang bisa memberikan sebuah strategi yang inovatif dan menyenangkan. di SMP Ya BAKII 05 Kesugihan Cilacap salah satu permasalahan yang mendasar adalah masih ada beberapa siswa yang belum faham dengan huruf hijaiyyah, hal ini yang melatar belakanginya adalah kebanyakan peserta didik lulusan dari SD. Permasalahan ini membutuhkan kerja keras guru bahasa Arab agar nantinya siswa tersebut mampu memahami huruf hijaiyyah dan membaca teks bahasa Arab dengan baik salah satu upaya adalah diadakannya TPQ bagi setiap peserta didik yang baru masuk SMP dan dilaksanakan diluar jam sekolah ketika sore hari. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Strategi pembelajaran yang diterpakan dalam kegiatan pembelajaran bahasa Arab di Kelas VIII SMP Ya BAKII 05 Kesugihan Cilacap yang beralamatkan didesa karangjengkol kecamatan Kesugihan Kabupaten Cilacap. Subjek dalam penelitian ini meliputi guru bahasa Arab kelas VIII SMP Ya BAKII 05 Kesugihan Cilacap yaitu bapak khanifudin S.Pd,I. Objek penelitian ini adalah Strategi yang digunakan dalam pembelajaran bahasa Arab di kelas VIII SMP Ya Bakii 05 Kesugihan Cilacap selama ini. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan /field research. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif bersifat deskriptif. Perolehan data dilakukan dengan menggali data dari sumber yaitu kepala lembaga dan pengajar secara langsung melalui wawancara, pengambilan data dan dokumen lembaga serta pengamatan penulis dalam melaksanakan pembelajaran bahasa Arab Di kelas VIII SMP Ya BAKII 05 Kesugihan Cilacap. Berdasarkan hasil penelitian penulis, dapat diambil kesimpulan bahwa strategi pembelajaran bahasa Arab yang digunakan di kelas VIII SMP Ya BAKII 05 Kesugihan Cilacap sebagai berikut:1. pembelajaran menyimak menggunakan strategi pembelajaran ekspository 2. pembelajaran menulis menggunakan strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berfikir, 3. pembelajaran membaca menggunakan strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berfikir, 4. pembelajaran berbicara menggunakan strategi pembelajaran kooperatif Kata kunci: strategi, pembelajaran, bahasa Arab

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Restu Umar Fauzi
Date Deposited: 27 Jul 2016 08:21
Last Modified: 27 Jul 2016 08:21
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/560

Actions (login required)

View Item View Item