MODEL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI ORANG TUA DI MADRASAH DINIYAH AWWALIYAH DESA NANGKASAWIT KECAMATAN KEJOBONG KABUPATEN PURBALINGGA

DWI MEILANI, NIM. 082338015 (2013) MODEL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI ORANG TUA DI MADRASAH DINIYAH AWWALIYAH DESA NANGKASAWIT KECAMATAN KEJOBONG KABUPATEN PURBALINGGA. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
DWI MEILANI_MODEL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI ORANG TUA DI MADRASAH DINIYAH AWWALIYAH DESA NANGKASAWIT KECAMATAN KEJOBONG KABUPATEN PURBALINGGA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (803kB)
[img]
Preview
Text
Cover, Bab I, Bab V, Daftar Pustaka.pdf

Download (486kB) | Preview

Abstract

Latar belakang masalah pada penelitian ini adalah rendahnya kemampuan para orang tua dalam membaca ayat suci Al Qur’an dan ibadah shalat. Melihat masalah ini para tokoh agama desa Nangkasawit untuk mendirikan sebuah lembaga pendidikan non formal untuk meningkatkan kemampuan membaca ayat suci al Qur’an dan ibadah shalat. Peningkatan pengetahuan dilakukan melalui pembelajaran dengan menerapkan beberapa model pembelajaran sesuai karakteristik peserta didik Berdasarkan masalah tersebut,penelitian ini berfokus pada bagaimanakah model pembelajaran pendidikan agama Islam bagi orang tua. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui model apa saja yang diterapkan dan bagaimana penerapannya. Jenis penelitian ini termasuk dalam kategori penelitian lapangan (field research). Pendekatan penelitian yang penulis gunakan adalah pendekatan kualitatif, sedangkan objek penelitian dalam penelitian ini adalah model pembelajaran pendidikan agama Islam bagi orang tua. Adapun metode pengumpulan data melalui observasi proses pembelajaran dengan teknik observasi partisipasi pasif, wawancara mendalam terhadap pendidik, peserta didik dan kepala sekolah dan dokumentasi terkait dengan data tertulis madrasah dinyah awwaliyah. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa, di madrasah diniyah awwaliyah materi yang dipelajari adalah, materi keimanan, baca tulis al Qur’an dan tadjwid, serta fikih tentang bacaan wudhu dan shalat. Pembelajaran pendidikan agama Islam bagi orang tua menerapkan dua model pembelajaran yaitu model pemrosesan informasi dan model sistem perilaku. Model pemrosesan informasi diaplikasikan untuk membantu peserta didik selama proses pembelajaran agar lebih mudah menerima dan menyimpan dalam ingatan. Model pemrosesan informasi digunakan untuk mempermudah para orang tua menghafalkan hukum bacaan tadjwid dengan teknik mneumonik yang disusun dengan rangkaian kata dan irama atau nada. Model sistem perilaku diterapkan dengan pendekatan terpadu dengan tujuan meningkatkan kemampuan orang tua melafalkan huruf hijaiyah, surat pendek, bacaan shalat dan wudhu dengan tepat dan benar. model ini lebih berorientasi pada ketepatan pengucapan dan penerapan hukum bacaan tadjwid. Kedua model pembelajaran tersebut diaplikasikan secara terpadu dengan mengoptimalkan pembelajaran pada proses dan hasil yang akan dicapai. Akan tetapi pembelajaran lebih didominasi oleh model pembelajaran sistem perilaku, karena materi yang dipelajari adalah materi dasar dan peserta didik adalah orang tua yang daya ingat dan menerima informasi mulai melemah. Kata kunci : Model Pembelajaran, Pembelajaran Orang Dewasa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Restu Umar Fauzi
Date Deposited: 27 Jul 2016 03:53
Last Modified: 27 Jul 2016 03:53
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/556

Actions (login required)

View Item View Item