Penerapan Strategi Problem Solving Dalam Mengembangkan Kecerdasan Logika-Matematika di MI Negeri Purwokerto

Zaenatun Ngamaliyah, NIM. 1223305125 (2016) Penerapan Strategi Problem Solving Dalam Mengembangkan Kecerdasan Logika-Matematika di MI Negeri Purwokerto. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V_DAFTRA PUSTAKA 22.pdf

Download (293kB) | Preview
[img] Text
ZAENATUN NGAMALIYAH_PENERAPAN STRATEGI PROBLEM SOLVING.pdf
Restricted to Registered users only

Download (777kB)

Abstract

Dalam pembelajaran matematika banyak guru mengalami kesulitan dalam mengajar peserta didik bagaimana memecahkan permasalahan (sering disebut soal cerita) sehingga banyak anak yang juga kesulitan mempelajarinya. Kesulitan ini muncul karena paradigma bahwa jawaban akhir sebagai satu-satunya tujuan dari pemecahan masalah. Peserta didik seringkali menggunakan teknik yang keliru dalam menjawab permasalahan sebab penekanan pada jawaban akhir.Hal ini menjadi alasan guru untuk mengembangkan kecerdasan logika-matematika dalam memecahkan masalah dengan memahami prinsip-prinsip yang mendasari sistem kausal atau dapat memanipulasi bilangan, kuantitas, dan operasi dalam mengembangkan keterampilan mengolah angka dan atau kemahiran menggunakan logika. Strategi problem solving adalah strategi yang digunakan sebagai proses mengaplikasikan segala pengetahuan yang dimiliki untuk memecahkan suatu masalah dalam mengembangkan kecerdasan yang melibatkan keterampilan mengolah angka dan atau kemahiran menggunakan logika. Permasalahan yang akan dikaji adalah bagaimana penerapan strategi problem solving dalam mengembangkan kecerdasan logika-matematika di MI Negeri Purwokerto. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses dari penerapan strategi problem solving dalam mengembangkan kecerdasan logika-matematika di MI Negeri Purwokerto. Jenis penelitian yang digunakan adalah deksriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini yaitu proses pembelajaran matematika di kelas V MI Negeri Purwokerto. Mengenai metode pengumpulan data yaitu menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa, tahapan problem solving yang terdiri dari 4 (empat) tahap, yaitu (1) memahami masalah, (2) merencanakan penyelesaian, (3) menyelesaikan masalah sesuai rencana, (4) melakukan pengecekan kembali terhadap semua langkah yang telah diberikan, dalam mengembangkan kecerdasan logika-matematika sudah dapat berjalan dengan baik. Hal ini ditandai dari setiap kelasnya melalui tahapan problem solving yang telah dilakukan, mampu mengembangkan kecerdasan logika-matematika diantaranya yaitu mampu mengembangkan keterampilan berpikir, keterampilan memecahkan masalah, meningkatkan daya ingat, baik dalam problem solving, terarah dalam melakukan kegiatan yang berdasarkan aturan, menyelesaikan berbagai persoalan yang membutuhkan penyelesaian yang logis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Problem Solving, Kecerdasan Logika-Matematika
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto
Date Deposited: 27 Jul 2016 00:43
Last Modified: 27 Jul 2016 00:43
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/545

Actions (login required)

View Item View Item