PARTISIPASI MADRASAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MA MINAT KESUGIHAN CILACAP

RENI NIHAYATI, NIM. 1423402018 (2019) PARTISIPASI MADRASAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MA MINAT KESUGIHAN CILACAP. Masters thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
COVER_DAFTAR ISI BAB I-BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (789kB)
[img] Text
RENI NIHAYATI_PARTISIPASI MADRASAH DALAM MENINGKATKAN MUTU P.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian yang berjudul Partisipasi Komite Madrasah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di MA MINAT Kesugihan Kabupaten Cilacap ini bertujuan untuk mengetahui bagiamana partisipasi komite madrasah dalam meningkatkan mutu input, mutu proses dan mutu output pendidikan di sekolah tersebut. Manfaat dari penelitian ini adalah diharapkan dapat memperkaya khazanah pengetahuan serta kajian mengenai partisipasi komite sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan sekolah. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dan subjek penelitian ini adalah ketua, sekretaris, anggota komite MA MINAT Cilacap, kepala MA MINAT Cilacap, wakil kepala sekolah dan guru. Objek penelitiannya adalah partisipasi komite sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode observasi,wawancara dan dokumentasi,Teknik analisis Data yang dipakai adalah reduksi data, tampilan data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa partisipasi komite madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan adalah: 1. Peningkatan mutu input pendidikan yaitu dengan cara: a) Memberikan pertimbangan dalam peningkatan sumber daya manusia (Pendidik, Tenaga Kependidikan dan siswa), b) Memberikan pertimbangan dalam pembuatan perangkat pendidikan yang meliputi struktur organisasi sekolah, peraturan perundang-undangan, deskripsi tugas, rencana program sekolah c) Memberikan pertimbangan dalam penyusunan Pembuatan visi dan misi, RKAS dan RAPBS. 2. Peningkatan mutu proses pendidikan dengan cara : a) Memberikan pertimbangan dalam proses pengambilan keputusan, b) Berperan aktif dalam proses pengelolaan kelembagaan, c) Berperan aktif dalam proses pengelolaan program sekolah, d) Membantu peningkatan kualitas proses belajar mengajar, e) Melaksanakan proses monitoring dan evaluasi. 3. Peningkatan mutu output pendidikan dengan cara: a) Memberikan pertimbangan dalam kebijakan peningkatan prestasi siswa, b) Berperan aktif B dalam proses peningkatan prestasi siswa, c) Berperan aktif dalam pengkondisian kedisiplinan, kebersihan, keakraban, saling menghormati dalam lingkungan sekolah.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Partisipasi, Komite Madrasah, Mutu Pendidikan
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3302 Administrasi dan Manajemen
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.332 Aliyah
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Sdr Prakerin 123
Date Deposited: 12 Mar 2019 02:08
Last Modified: 12 Mar 2019 02:08
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/5419

Actions (login required)

View Item View Item