PENILAIAN KARAKTER ANAK USIA DINI MELALUI KEGIATAN HOME VISIT DI RA MUSLIMAT NU MASYITOH 13 SOKARAJA LOR KECAMATAN SOKARAJA KABUPATEN BANYUMAS

FESTY FELIYAN, NIM. 1423311050 (2019) PENILAIAN KARAKTER ANAK USIA DINI MELALUI KEGIATAN HOME VISIT DI RA MUSLIMAT NU MASYITOH 13 SOKARAJA LOR KECAMATAN SOKARAJA KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
COVER, BAB I, BAB V, DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (523kB)
[img] Text
FESTY FELIYAN_PENILAIAN KARAKTER ANAK USIA DINI MELALUI KEGI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Home visit merupakan kegiatan kunjungan guru ke rumah peserta didik secara bergiliran. Kunjungan rumah ini penting bagi seorang guru untuk mengetahui karakter dari masing-masing peserta didik. Dari kegiatan home visit ini guru mengetahui apa saja yang peserta didik lakukan pada saat dirumah, apakah sinkron dengan yang dilakukan disekolahan atau tidak. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana penilaian karakter anak usia dini melalui kegiatan home visit di RA Muslimat NU Masyithoh 13 Sokaraja Lor Kecamatan Sokaraja Kabupaten Banyumas ? Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui penilaian karakter anak usia dini melalui kegiatan home visit di RA Muslimat NU Masyithoh 13 Sokaraja Lor Kecamatan Sokaraja Kabupaten Banyumas. Jenis penelitian ini termasuk dalam kategori penelitian lapangan (field research) yaitu pengumpulan data yang dilakukan secara langsung dilokasi penelitian. Penelitian ini mengambil latar di RA Muslimat NU Masyithoh 13 Sokaraja Lor. Metode pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara mengumpulkan seluruh data dan kemudian menganalisis data, menyajikan data dan penarikan kesimpulan. Objek penelitianyya adalah penilaian karakter anak usia dini melalui home visit. Sedangkan subjeknya yaitu kepala sekolah, guru, peserta didik dan orangtua peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penilaian karakter anak usia dini melalui kegiatan home visit dilakukan dengan cara guru memberikan pertanyaan kepada orangtua atau wali peserta didik mengenai kegiatan apa saja yang dilakukan dirumah, apakah sinkron dengan yang dilakukan disekolahan atau tidak. Pada penelitian ini peneliti hanya memfokuskan empat karakter saja yaitu karakter religius, karakter disiplin, karakter mandiri, dan karakter percaya diri. Selain itu, di sekolah guru juga melakukan penilaian melalui kegiatan atau pun pembiasaan-pembiasaan yang sekolah lakukan dalam mengembangkan karakter peserta didik. Adapun tujuan dari kegiatan home visit ini yaitu untuk menjalin silaturahmi, menilai karakter masing-masing anak berdasarkan sumber yang akurat, untuk mengetahui kegiatan yang biasa dilakukan dirumah apakah sinkron dengan yang dilakukan disekolahan atau tidak, untuk mengetahui latar belakang orangtuanya, dan untuk mengetahui masalah yang dihadapi anak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penilaian Karakter, Anak Usia Dini, Home Visit
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3208 Peserta Didik
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.321 Bustanul Atfal
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.36 Project Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Sdr Prakerin 123
Date Deposited: 08 Mar 2019 06:46
Last Modified: 08 Mar 2019 06:46
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/5373

Actions (login required)

View Item View Item