IMPLEMENTASI METODE KAISA DALAM MENGHAFAL JUZ `AMMA UNTUK ANAK USIA DINI DI TK DARUL QUR’AN AL-KARIM KARANGTENGAH BATURRADEN

AMINATUS SOLIKHAH, NIM.1423311004 (2019) IMPLEMENTASI METODE KAISA DALAM MENGHAFAL JUZ `AMMA UNTUK ANAK USIA DINI DI TK DARUL QUR’AN AL-KARIM KARANGTENGAH BATURRADEN. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (739kB) | Preview
[img] Text
IMPLEMENTASI METODE KAISA DALAM MENGHAFAL JUZ'AMMA UNTUK ANAK USIA DINI DI TK DARUL QURAN AL-KARI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Metode kaisa dalam menghafal juz’amma merupakan metode menghafal ayat Al-Qur’an dengan disertai gerakan anggota badan. Gerakan tersebut dibuat berdasarkan arti/makna ayat yang sedang dilafalkan sehingga memudahkan dalam mengingat ayat yang sedang dihafal. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi metode kaisa dalam menghafal juz’amma Di TK Darul Qur’an Al-Karim Karangtengah Baturraden. Jenis Penelitian ini termasuk dalam kategori penelitian lapangan (field research) yaitu digolongkan kedalam deskriptif kualitatif. Subjek penelitiannya adalah kepala sekolah, guru dan siswa TK Darul Qur’an Al-Karim dan Objeknya adalah Metode kaisa dalam menghafal juz’amma. Pengumpulan data secara langsung dilokasi penelitian dengan menggunakan metode observasi, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Upaya validasi data pada penelitian ini menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi metode kaisa dalam menghafal juz’amma dengan cara metode kaisa di TK Darul Qur’an Al-Karim yang pertama yaitu : 1. Guru memberikan arahan membuat lingkaran duduk kepada anak-anak, 2. Dimulai dengan surat Al-Fatikhah, 3. Memulai muraja’ah 3 surat kemarin beserta gerakannya yaitu surat At-Takwir, Al-Infhitar, dan Muthaffifin 4. Guru menambahkan 2 ayat baru untuk dihafal beserta gerakan dengan cara Talqin yaitu mencontohkan terlebih dahulu, 5. Guru menjelaskan isi kandungan ayat melalui dongeng atau cerita, 6. Pemberian reward. Implementasinya dilakukan setiap hari menjadi program pembiasaan untuk mempermudah anak dalam menghafal juz’amma.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Belajar Juz Amma, Pendidikan BAca Tulis Al Qur'an
Subjects: 2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.1 Ilmu Al Qur'an > 2x1.19 Ilmu Al Qur'an Lainnya
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.321 Bustanul Atfal
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Sdr Prakerin 123
Date Deposited: 26 Feb 2019 00:08
Last Modified: 26 Feb 2019 00:08
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/5370

Actions (login required)

View Item View Item