PERAN GURU DALAM PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN ISLAMI SISWA DI SEKOLAH DASAR NEGERI 1 KALIWANGI KECAMATAN PURWOJATI KABUPATEN BANYUMAS

SITI YUNIATI, NIM. 102338076 (2019) PERAN GURU DALAM PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN ISLAMI SISWA DI SEKOLAH DASAR NEGERI 1 KALIWANGI KECAMATAN PURWOJATI KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (705kB)
[img] Text
Peran Guru dalam Pembentukan Kepribadian Islami Siswa SD Negeri 1 Kal iwangi Kecamatan Purwojati .pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Kegiatan pembentukan kepribadian islami sejak sekolah dasar merupakan hal yang sangat penting. Selain untuk memberikan pemahaman terhadap pentingnya memahami agama sejak dini, adanya kegiatan ini dapat membantu menanamkan sikap-sikap terpuji yang akan mendukung pengetahuannya pada saat masa remaja. Program pembentukan kepribadian Islami selain akan membantu siswa dalam melaksanakan praktek ibadah, hal ini juga akan menjadi pondasi dasar sikap dan perilaku anak itu sendiri. Dari uraian tersebut maka penulis tertarik untuk mengetahui: Bagaimanakah peranan guru dalam melakukan pembinaan siswa sehingga terbentuk kepribadian Islami di SD Negeri 1 Kaliwangi Kecamatan Purwojati Kabupaten Banyumas? Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan atau field research dan penelitian ini digolongkan ke dalam penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, dan siswa. Teknik pengumpulan data meliputi: observasi, interview atau wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kepribadian Islami siswa yang dilaksanakan di SD Negeri 1 Kaliwangi terdiri dari berbagai kegiatan yaitu: menumbuhkan keimanan kepada Allah SWT dengan kegiatan: mendisiplinkan siswa dalam melaksanakan ibadah sholat, melaksanakan puasa, membiasakan melakukan seuatu dengan tangan kanan. Menumbuhkan sikap terpuji terhadap sesama manusia yaitu menumbuhkan sikap empati terhadap orang lain dengan bersedekah, senantiasa memaafkan, menepati janji, dan mengucapkan salam. Dan sikap terhadap lingkungan yaitu dengan senantiasa menjaga kebersihan dan ikut serta merawat lingkungan. 2) Peran guru dalam membentuk kepribadian Islami siswa yaitu sebagai pendidik, pembimbing, pembina, figur teladan sekaligus melakukan monitoring keberhasilan dari program pembentukan kepribadian Islami siswa. 3) Faktor penghambat dan pendukung guru pendidikan agama Islam dalam membentuk kepribadian Islami siswa meliputi: 1) faktor pendukung: dukungan dari orang tua, kesiapan guru, motivasi siswa mengikuti kegiatan, lingkungan sekolah, dan dukungan komite sekolah dan masyarakat, dan 2) faktor penghambat: jumlah guru yang terbatas, dan Siswa yang terlalu agresif, dan orang tua yang bekerja jauh sehingga tidak bisa menindaklanjuti bimbingan yang diberikan di sekolah karena anaknya dititipkan ke neneknya atau pengasuh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peran Guru, Pembentukan Kepribadian Islami Siswa
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3201 Pengajaran dan Staf Pengajar
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3208 Peserta Didik
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sdr Prakerin 123
Date Deposited: 06 Mar 2019 02:54
Last Modified: 06 Mar 2019 02:54
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/5308

Actions (login required)

View Item View Item