NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM KEGIATAN EKSTRA KULIKULER TAPAK SUCI DI MTs GUPPI WANAREJA KABUPATEN CILACAP

Prana Baihaqi Panji Pandriana, NIM. 1323301014 (2019) NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM KEGIATAN EKSTRA KULIKULER TAPAK SUCI DI MTs GUPPI WANAREJA KABUPATEN CILACAP. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
COVER_ABSTRAK_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (402kB)
[img] Text
PRANA BAIHAQI_NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Agama Islam sangat mengutamakan pendidikan, bahkan mewajibkan kepada pemeluknya untuk mencari ilmu, baik ilmu agama maupun ilmu umum. Islam dan pendidikan mempunyai hubungan yang sangat erat. Hubungan itu dapat digambarkan bahwa Islam sebagai tujuan dan pedidikan adalah alatnya. Islam tidak akan tercapai tanpa pendidikan. Oleh karena itu pendidikan agama Islam merupakan suatu kewajiban Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan Islam dalam kegiatan ekstra kulikuler Tapak Suci di MTs GUPPI Wanareaja. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah “Apa saja dan bagaimana proses penerapan nilai-nilai pendidikan Islam dalam kegiatan ekstra kulikuler Tapak Suci di MTs GUPPI Wanareja Kabupaten Cilacap??”. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Dalam penelitian ini, peneliti menggambarkan apa saja nilai-nilai pendidikan Islam dalam kegiatan ekstra kulikuler Tapak Suci di MTs GUPPI Wanareja Kabupaten Cilacap. Subjek dalam penelitian ini adalah guru, pembina, anggota, dan atlet Tapak Suci di MTs GUPPI Wanareja Kabupaten Cilacap, sedangkan Objek dalam penelitian ini yaitu proses penerapan nilai-nilai pendidikan Islam dalam kegiatan ekstra kulikuler Tapak Suci di MTs GUPPI Wanareja Kabupaten Cilacap. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara,dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode kualitatif dengan cara mengumpulkan data, reduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai-nilai pendidikan Islam dan proses penerapannya dalam kegiatan ekstra kulikuler Tapak Suci di MTs GUPPI Wanareja Kabupaten Cilacap adalah: 1) Nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung yaitu: a) Nilai aqidah.. b) Nilai ibadah. c) Nilai aqidah. 2) Proses penerapannya yaitu: Pada hal penerapan nilai-nilai Islam dalam kegiatan ekstrakulikuler Tapak Suci sangat dipengaruhi dari penanaman nilai-nilai aqidah, ibadah dan akhlak secara continue atau berkelanjutan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: nilai agama, ekstrakurikuler
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.7 Islam dan Kesenian
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3309 Kurikulum
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.331 Tsanawiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sdr Prakerin 123
Date Deposited: 06 Mar 2019 01:43
Last Modified: 06 Mar 2019 01:43
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/5307

Actions (login required)

View Item View Item