PENERAPAN METODE QIRO’AH DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KELAS VII MTs AL- HIDAYAH PURWOKERTO TAHUN PELAJARAN 2017/2018

UMI NUR FAIQOH, NIM : 1423302086 (2019) PENERAPAN METODE QIRO’AH DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KELAS VII MTs AL- HIDAYAH PURWOKERTO TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
ANALISIS KELAYAKAN DALAM MEMIIMALKAN RISIKO PEMBIYAAN MIKRO DI BANK SYARIAH MANDIRI KCP PEMALANG.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
COVER BAB I_BAB IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Membaca ( Qira‘ah) merupakan metode yang digunakan dalam rangka menanamkan ketrampilan berbahasa. Membaca ( Qira‘ ah ) juga merupakan materi terpenting di antara materi-materi pelajaran yang lainnya. Siswa tidak akan pandai pada pelajaran yang lain apabila dia tidak dapat membaca dengan baik. Dapat dikatakan bahwa membaca merupakan sarana penting dalam pencapaian pembelajaran bahasa Arab. Maka dasar metode membaca adalah penguasaan bahasa asing dengan memulainya dari penguasaan unsur bahasa yang terkecil, yaitu: kosakata, yang didahului oleh latihan pengucapan yang benar, lalu pemahaman. Penguasaan unsur bahasa yang terkecil akan menentukan penguasaan bahasa secara keseluruhan. Sedangkan pengucapan kata dan pelafalan kalimat yang baik dan benar merupakan modal dasar membaca yang baik dan benar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan metode Qira> ‘ ah dalam pembelajaran bahasa Arab kelas VII MTs Al-Hidayah Purwokerto Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, dokumentasi, dan observasi. Subjek dalam penelitian ini yaitu Guru Bahasa Arab dan siswa kelas VII MTs Al- Hidayah Purwokerto. Objek yang dikaji adalah bagaimana penerapan metode Qira> ‘ ah dalam pembelajaran bahasa Arab kelas VII MTs Al-Hidayah Purwokerto. Sedangkan untuk menganalisis data yang diperoleh, peneliti menggunakan model Miles dan Huberman yaitu: Pengumpulan data, meredukasi data, menyajikan data, dan verifikasi data. Hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti, bahwa penerapan metode Qira> ‘ ah dalam pembelajaran bahasa Arab kelas VII di MTs Al-Hidayah diterapkan oleh guru bahasa Arab melalui tahapan-tahapan, diantaranya yaitu tahapan perencanaan penerapan pembelajaran metode Qira> ‘ ah, tahapan pelaksanaan penerapan metode Qira> ‘ ah ( kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan akhir/penutup), kemudian tahapan evaluasi pembelajaran di kelas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penerapan Metode Qira’ah, pembelajaran bahasa Arab, Bahasa arab. Metode qiro'ah MTs Al- Hidayah Purwokerto.
Subjects: 400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.7 Bahasa Arab > 492.707 Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Sdr Prakerin 123
Date Deposited: 05 Mar 2019 00:16
Last Modified: 05 Mar 2019 00:16
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/5272

Actions (login required)

View Item View Item