MANAJEMEN LAYANAN PERPUSTAKAAN DI SMA ISLAM BUANA KROYA KECAMATAN KROYA KABUPATEN CILACAP

ULFATUN RIYANA, NIM. 1123303048 (2016) MANAJEMEN LAYANAN PERPUSTAKAAN DI SMA ISLAM BUANA KROYA KECAMATAN KROYA KABUPATEN CILACAP. Skripsi thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Cover, Bab I, V, Daftar Pustaka.pdf

Download (520kB) | Preview
[img] Text
ULFATUN RIYANA_MANAJEMEN LAYANAN PERPUSTAKAAN DI SMA ISLAM BUANA KROYA KECAMATAN KROYA KABUPATEN CILACAP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (999kB)

Abstract

Perpustakaan sekolah harus dikelola dengan baik terutama dalam hal manajemen yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengawasan agar siswa siswi dapat merasakan kenyamanan dan kepuasan dari segi layanan maupun tempat. Namun pada kenyataannya dalam mengelola perpustakaan, muncul beberapa permasalahan. Di SMA Islam Buana Kroya dimana penelitian ini dilakukan, salah satu bentuk permasalahan yang paling mendasar adalah mengenai tenaga, staf atau pengurus yang mengelola perpustakaan yang berada di SMA Islam Buana Kroya semua adalah tenaga pengajar dan bukan ahli keperpustakaan namun perpustakaan dapat dijalankan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : “Bagaimana Manajemen Layanan Perpustakaan di SMA Islam Buana Kroya Kecamatan Kroya Kabupaten Cilacap”. Dengan demikian penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang Manajemen Layanan Perpustakaan di SMA Islam Buana Kroya Kecamatan Kroya Kabupaten Cilacap. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan, penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang menghasilkan data deskriptif yang berupa dokumen tertulis maupun lisan dari orang-orang atau pelaku yang diamati oleh peneliti. Dalam hal ini teknik-teknik dalam mengumpulkan data adalah melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk metode analisis yang penulis pakai menggunakan tiga langkah yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sasaran penelitiannya adalah Kepala sekolah, kepala perpustakaan dan Pustakawan perpustakaan SMA Islam Buana Kroya. Berdasarkan penelitian dengan judul Manajemen Layanan di Perpustakaan SMA Islam Buana Kroya di dapatkan hasil sebagai berikut : 1. Proses perencanaan meliputi perencanaan pembuatan kartu anggota perpustakaan, Perencanaan Pengadaan Koleksi perpustakaan, Proses pengadaan rak buku. 2. Pengorganisasian meliputi rincian kerja pengelola perpustakaan. 3. Penggerakan meliputi koordinasi antara kepala sekolah, kepala perpustakaan dan pustakawan. 4. Pengawasan yang melakukan pengawasan adalah Kepala Sekolah, kepala perpustakaan da pengawasan terhadap koleksi perpustakaan. Kata kunci : Manajemen, Layanan perpustakaan, Perencanaan, Pengorganisasian, Penggerakan dan Pengawasan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Generalities > 020 Library and information sciences > 026 Libraries for specific subjects
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.1 Organization Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Abd El-Rohim El-Qathamiyyi
Date Deposited: 25 Jul 2016 04:14
Last Modified: 25 Jul 2016 04:14
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/524

Actions (login required)

View Item View Item