PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPA DI KELAS II DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI CARD SORT DI MI MA’ARIF NU CIPETE KECAMATAN CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2015/2016

ULFAH AZIZAH, NIM. 1123310025 (2016) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPA DI KELAS II DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI CARD SORT DI MI MA’ARIF NU CIPETE KECAMATAN CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
ULFAH AZIZAH_PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPA DI KELAS II DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI CARD SORT DI MI MA’ARIF NU CIPETE KECAMATAN CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2015-2016.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Cover, Bab I, Bab V, Daftar pustaka.pdf

Download (961kB) | Preview

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini, yaitu rendahnya hasil belajar peserta didik di kelas II MI Ma’arif NU Cipete dalam pembelajaran mata pelajaran IPA. Salah satu alternatif untuk menyelesaikan permasalahan yang terjadi di kelas II ini, yaitu dengan menggunakan strategi pembelajaran Card Sort dimana dengan menggunakan strategi ini, maka peserta didik akan lebih aktif dalam proses pembelajaran sehingga pembelajaran lebih bermakna dengan harapan ketika pembelajaran terkesan oleh peseta didik, maka peserta didik akan lebih memahami materi pelajaran IPA di kelas II terkait dengan memahami binatang yang menguntungkan dan merugikan manusia. Subjek penelitian ini adalah pendidik dan peserta didik di kelas II yang berjumlah 26. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi, observasi, wawancara, dan metode tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan adanya penggunaan strategi pembelajaran card sort pada pembelajaran mata pelajaran IPA pokok bahasan mengidentifikasi makhluk hidup yan gmenguntungkan dan merugikan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik di kelas II semester I MI Ma’arif NU Cipete Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas pada tahun pelajaran 2015 / 2016. Hal ini dapat di lihat pada nilai peserta didik yang senantiasa menunjukkan kenaikan yang signifikan. Pembelajaran IPA yang dilaksanakan oleh pendidik pada pra siklus dari 26 jumlah peserta didik hanya ada 9 peserta didik atau 34, 62 % yang telah tuntas sedangkan 17 peserta didik lainnya atau 65,38 % masih belum tuntas. Nilai rata-rata kelas pada pembelajaran pra siklus mencapai 56,54 dengan standar deviasi 21,90. Pembelajaran IPA yang dilaksanakan pada siklus pertama menunjukkan dari 26 peserta didik yang tuntas ada 20 peserta didik atau 76,92 % sedangkan 6 peserta didik lainnya atau 23,08 % belum tuntas dengan nilai rata-rata kelas mencapai 72,31. Pembelajaran di siklus kedua dari 26 peserta didik yang tuntas ada 24 peserta didik atau 92,31 % sedangkan yang tidak tuntas ada 2 peserta didik atau 7,69 % dengan standar deviasi 14,76. Hasil pembelajaran atau taraf serap pada pembelajaran IPA di kelas II semester 1 telah mencapai 92,31 sedangkan indikator pencapaian hasil belajar 90 % maka pembelajaran IPA di kelas II khususnya pada kompetensi dasar tersebut di atas, dapat dikatakan telah berhasil. Kata kunci : Hasil belajar, Mata Pelajaran IPA, strategi Pembelajaran Card Sort

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Restu Umar Fauzi
Date Deposited: 25 Jul 2016 02:09
Last Modified: 25 Jul 2016 02:09
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/518

Actions (login required)

View Item View Item