MANAJEMEN KEUANGAN PENDIDIKAN GRATIS DI MTs MUHAMMADIYAH 1 PURBALINGGA

SODIKIN, NIM 1423402124 (2019) MANAJEMEN KEUANGAN PENDIDIKAN GRATIS DI MTs MUHAMMADIYAH 1 PURBALINGGA. Masters thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I PENDAHULUAN_BAB V PENUTUP_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (583kB) | Preview
[img] Text
SODIKIN_MANAJEMEN KEUANGAN PENDIDIKAN GRATIS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Pendidikan gratis di MTs Muhammadiyah 1 Purbalingga didasarkan pada dua landasan, yaitu: 1) landasan yuridis yang mengacu pada pasal 28C dan pasal 31 UUD 1945, pasal 12 dan 60 UU 39 Tahun 1999 tentang Hak Asasi Manusia, pasal 5 ayat (1) dan (5) UU 20 Tahun 2003, dan pasal 12 ayat (1) dan pasl 13 ayat (2) PP 47 Tahun 2008, dan 2) landasan filosofis. Landasan filosofis ini mengacu kepada al-Qur’ān surat al-Mā’ūn: 1-7. Program ini didasari juga oleh kepentingan internal yaitu: 1) meningkatkan animo calon peserta didik, 2) berani bersaing dengan sekolah/madrasah lain, 3) meningkatkan pemasukan dari BOS, dan 4) memenuhi minimal 24 jam tatap muka (JTM) bagi guru. Program pendidikan gratis telah mendapatkan respon yang baik. Indikatornya adalah meningkatnya jumlah pendaftar, jumlah siswa, dan jumlah guru dan karyawan yang cukup siginifikan. Meskipun menerapkan pendidikan gratis, sarana pendidikan, prestasi belajar dan hasil akreditasi berada pada level yang tinggi. Hal ini berarti MTs Muhammadiyah 1 Purbalingga dapat digolongkan menjadi madrasah berprestasi. Guna mengetahui bagaimana MTs Muhammadiyah 1 Purbalingga yang menerapkan pendidikan gratis mengelola keuangannya, maka penelitian ini difokuskan pada manajemen keuangan yang meliputi: 1) perencanaan anggaran, 2) strategi mencari sumber dana, 3) pembelanjaan anggaran, 4) pengawasan, 5) dan pertanggungjawaban penggunaan anggaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara: 1) wawancara mendalam; 2) observasi berperanserta; dan 3) studi dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik deskriptif yang dilakukan dalam tiga alur kegiatan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Sedangkan untuk mengetahui kredibilitas data digunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian tentang “Manajemen Keuangan Pendidikan Gratis Di MTs Muhammadiyah 1 Purbalingga” menunjukkan pertama, bahwa pelaksanaan manajemen keuangan pendidikan gratis di MTs Muhammadiyah 1 Purbalingga menunjukkan tata kelola keuangan yang baik. Kedua, telah melakukan perencanan, menemukan strategi pencarian sumber dana, pembelanjaan keuangan, pengawasan anggaran, dan pertanggung jawaban keuangan dengan baik. Ketiga, dalam menerapkan manajemen keuangan, madrasah ini telah menerapkan prinsip-prinsip keadilan, efisiensi, transparansi, akuntabilitas dan efektifitas.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Manajemen Keuangan, Pendidikan Gratis
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3302 Administrasi dan Manajemen
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.2 School Administration and Management
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sdr Prakerin 123
Date Deposited: 16 Feb 2019 07:51
Last Modified: 16 Feb 2019 07:51
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/5132

Actions (login required)

View Item View Item