PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD NEGERI 2 RAWAHENG KECAMATAN WANGON KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2014/201

SOFYANUDIN, NIM: 1123304135 (2016) PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD NEGERI 2 RAWAHENG KECAMATAN WANGON KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2014/201. Skripsi thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Cover, Bab I, V, Daftar Pustaka.pdf

Download (135MB) | Preview
[img] Text
SOFYANUDIN_PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD NEGERI 2 RAWAHENG KECAMATAN WANGON KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2014 2015.pdf
Restricted to Registered users only

Download (135MB)

Abstract

Salah satu komponen yang sangat penting dalam proses belajar adalah media. Mengingat kedudukan media pembelajaran ini tidak hanya sekedar alat bantu mengajar, tetapi juga merupakan salah satu cara untuk memotivasi dan berkomunikasi dengan siswa agar lebih efektif. Selain dapat menggantikan sebagian tugas guru sebagai penyaji materi (penyalur pesan) media juga memiliki kegunaan untuk mengatasai hambatan dalam berkomunikasi, keterbatasan fisik dalam kelas, sikap pasif siswa serta me mpersatukan pengamatan mereka. Oleh karena itu, media pembelajaran dapat dika takan sebagai sumber belajar yang dapat membantu mencapai tujuan dari pembelajaran PAI dan meningkatkan motivasi siswa dalam proses belajar mengajar PAI. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan penerapan media pembelajaran mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 2 Rawaheng Kecamatan Wangon Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan, dengan jenis penelitiannya kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisa deskriptif kualitatif yang terdiri atas 3 (tiga) alur kegiatan yang berlangsung secara bersamaan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik ini digunakan sebagai acuan penulisan hasil penelitian dan mempermudah dalam memahami deskripsi yang disajikan sebagai hasil akhir dari penelitian sehingga dapat memberikan pemahaman yang semestinya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media dalam pembelajaran PAI di Kelas III SD Negeri 2 Rawaheng, sudah berjalan cukup efektif. Pembelajaran PAI melalui penggunaan media pembelajaran dilakukan dengan tiga tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Dalam perencanaan guru merumuskan tujuan, memilih media yang sesuai dengan materi yang akan disampaika, dan mempelajari buku petunjuk tentang penggunaan media. Guru tidak menemui kendala yang berarti dalam penggunaan media karena persiapan yang dilakukan cukup matang. Media yang sering digunakan oleh guru PAI di SD Negeri 2 Rawaheng yaitu media gambar peraga, buku, CD pembelajaran PAI, LKS, Juz ‘Amma, bahan cerita serta pengalaman guru dan siswa. Guru juga melakukan evaluasi terhadap penggunaan media. Evaluasi digunakan untuk mengetahui tingkat efektivitas dan efisiensi dari penggunaan media dalam pembelajaran di SD Negeri 2 Rawaheng. Kata Kunci: Media, Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Abd El-Rohim El-Qathamiyyi
Date Deposited: 22 Jul 2016 08:47
Last Modified: 22 Jul 2016 08:48
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/512

Actions (login required)

View Item View Item