PENGARUH PERGAULAN TERHADAP PERILAKU BELAJAR SISWA DI MI MUHAMMADIYAH TINGGARJAYA KECAMATAN JATILAWANG KABUPATEN BANYUMAS

AGUNG SETIONO, NIM. 1423305047 (2019) PENGARUH PERGAULAN TERHADAP PERILAKU BELAJAR SISWA DI MI MUHAMMADIYAH TINGGARJAYA KECAMATAN JATILAWANG KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
AGUNG SETIONO_PENGARUH PERGAULAN TERHADAP PERILAKU BELAJAR SISWA DI MI MUHAMMADIYAH TINGGARJAYA K.pdf
Restricted to Registered users only

Download (672kB)
[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (190kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini di latarbelakangi oleh adanya perilaku belajar siswa di MI Muhammadiyah Tinggarjaya Kecamatan Jatilawang Kabupaten Banyumas yang masih belum sesuai dengan tujuan Pendidikan. Pergaulan yang dilakukan oleh siswa dianggap menjadi salah satu faktor yang dapat mempengaruhi perilaku belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pergaulan dan perilaku belajar serta mengetahui adakah pengaruh antara pergaulan dengan perilaku belajar siswa di MI Muhammadiyah Tinggarjaya Kecamatan Jatilawang Kabupaten Banyumas. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa MI Muhammadiyah Tinggarjaya yang berjumlah 241 siswa dengan pengambilan teknik sampel Stratified Random Sampling yaitu dari strata kelas I sampai dengan kelas VI sebanyak 148 siswa. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket untuk mengidentifikasi pergaulan dan perilaku belajar siswa, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan pada pengujian hipotesis penelitian ini adalah korelasi Kendall’s Tau. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa indikator pergaulan yang memperoleh rata-rata tertinggi dari hasil skoring data adalah indikator simpatik (tertarik pada perilaku teman) sebesar 0,88. Berdasarkan nilai sig. 0,000 lebih kecil dari α = 0,005 dan nilai korelasi r = 0,271, sehingga terdapat pengaruh yang signifikan antara pergaulan terhadap perilaku belajar siswa kelas I sampai kelas VI pada taraf yang rendah di MI Muhammadiyah Tinggarjaya Kecamatan Jatilawang Kabupaten Banyumas. Menurut Abu Ahmadi dalam bukunya Ilmu Pendidikan bahwa pergaulan memiliki peranan yang sangat penting dalam pembentukan pribadi anak didik. Pergaulan di sekolah dari hasil interaksi siswa dengan sesama akan memunculkan perilaku-perilaku tertentu yang di dalamnya termasuk perilaku belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pergaulan, Perilaku Belajar, prestasi belajar, hubungan sosial
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3208 Peserta Didik
300 Social sciences > 302 Social interaction
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sdr Prakerin 123
Date Deposited: 07 Feb 2019 07:42
Last Modified: 07 Feb 2019 07:42
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/5040

Actions (login required)

View Item View Item