PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA MELALUI PROGRAM ASRAMA DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) CITRA BANGSA MANDIRI PURWOKERTO

ABDUL ROZAK, NIM. 1423301033 (2018) PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA MELALUI PROGRAM ASRAMA DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) CITRA BANGSA MANDIRI PURWOKERTO. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_ABSTRAK_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (25MB)

Abstract

Saat ini Indonesia memerlukan suber daya manusia dalam jumlah dan mutu yang memadai sebagai pendukung utama dalam pembangunan. Untuk memenuhi sumber daya manusia tersebut, pendidikan memiliki peran yang sangat penting. Idealnya lulusan satuan pendidikan memiliki kompetensi sikap yang meliputi sikap spiritual dan sikap sosial, pengetahuan (berilmu), dan keterampilan (cakap dan kreatif). Maka dari itu pembangunan pendidikan tidak hanya untuk mengembangkan aspek intelektual saja, melainkan juga watak, moral, sosial, dan fisik peserta didik. Religius sebagai salah satu nilai karakter yang dideskripsikan sebagai sikap dan perilaku patuh dalam melaksanakan ajaran agama yang dianut, toleran terhadap pelaksanaan ibadah agama lain, dan hidup rukun dengan pemeluk agama lain. Karakter religius ini sangat dibutuhkan oleh sisa dalam menghadapi perubahan zaman dan degradasi moral, dalam hal ini siswa diharapkan mampu memiliki dan berperilaku dengan ukuran baik dan buruk yang didasarkan pada ketentuan dan ketetapan agama. Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat deskriptif-kualitatif. Lokasi penelitian dilakukan di Asrama Sekolah Menengah Kejuruan Citra Bangsa Mandiri Purwokerto. Subjek penelitian adalah Kepala Asrama, Guru PAI dan Pamong asrama serta santri asrama. Objek penelitian adalah pelaksanan pembentukan karakter religius siswa melalui pogram asrama. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode data kualitatif. Hasil penelitian menunjukan pembentukan karakter religius siswa melalui program asrama dilaksanakan kedalam beberapa bentuk kegiatan. Diantaranya kegiatan keseharian, kegiatan terprogram, kegiatan bhakti, serta kegiatan akademik terbimbing dan lainnya. Keberhasilan pembentukan karakter religius siswa melalui program asrama dibuktikan dengan respon positif dari setiap wali kelas, bahwa setiap anak yang hidup di asrama memiliki rata-rata nilai yang lebih tinggi dan sikap yang lebih baik dibandingkan dengan siswa yang tidak hidup di asrama.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembentukan Karakter Religius, Program Asrama.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.5 School Discipline
300 Social sciences > 370 Education > 377 Schools and religion
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sdr Prakerin 123
Date Deposited: 06 Feb 2019 00:35
Last Modified: 06 Feb 2019 00:35
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/4961

Actions (login required)

View Item View Item