MODEL KEPEMIMPINAN DI MI AL-FALAH KARANGTENGAH DAN MI MIFTAHUL HUDA LINGGASARI KECAMATAN KEMBARAN KABUPATEN BANYUMAS

MARYATI, NIM. 1423402118 (2018) MODEL KEPEMIMPINAN DI MI AL-FALAH KARANGTENGAH DAN MI MIFTAHUL HUDA LINGGASARI KECAMATAN KEMBARAN KABUPATEN BANYUMAS. Masters thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BABI_BABV_DAFTAR PUSTAKA_MARYATI.pdf

Download (678kB) | Preview
[img]
Preview
Text
MARYATI_MODEL KEPEMIMPINAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Model kepemimpinan mana yang sebaiknya dijalankan oleh seorang pemimpin terhadap organisasinya sangat tergantung pada kondisi anggota organisasi itu sendiri. Pada dasarnya tiap model kepemimpinan hanya cocok untuk kondisi tertentu saja. Dengan mengetahui kondisi nyata anggota, seorang pemimpin dapat memilih model kepemimpinan yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara mendalam model kepemimpinan kepala sekolah di MI Al-Falah Karangtengah dan MI Mifatahul Huda Linggasari Kecamatan Kembaran Kabupaten Banyumas. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan mengambil latar di MI Al-Falah Karangtengah dan MI Mifatahul Huda Linggasari. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang dikumpulkan, dan dari makna tersebut ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Model kepemimpinan kepala MI Al-Falah Karangtengah, menerapkan model kepemimpinan transformasional, yang tercermin dari perilaku yang cenderung pada melaksanakan tindakan yang selalu menyerap aspirasi bawahannya, memberdayakan para bawahan agar bekerja secara maksimal, senantiasa memperhatikan kebutuhan bawahan dengan berusaha menciptakan suasana saling percaya dan mempercayai, saling menghargai, simpati terhadap sikap bawahan, memiliki sifat bersahabat, menumbuhkan peran serta bawahan dalam pembuatan keputusan dan kegiatan lain, dengan mengutamakan pengarahan diri, tumbuh pula rasa respek dan hormat diri dari bawahan kepada pimpinannya, sehingga apa yang menjadi tugas merupakan hasil keputusan bersama dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya. (2) Model kepemimpinan kepala MI Miftahul Huda Linggasari, juga menerapkan model kepemimpinan transformasional, yang tercermin dari caranya mengubah kebiasaan yang dilakukan semua warga sekolah terutama guru-guru, menyerukan tujuan yang luhur berupa nilai-nilai spiritual yang tinggi, menumbuhkan nilai kebebasan, keadilan dan kesamaan di antara guru guru, memberikan teladan pada guru-guru di setiap kesempatan untuk membawa kemajuan sekolah, serta selalu berusaha untuk menumbuhkan rasa disiplin, tanggung jawab, ikhlas dan semangat untuk bekerja keras. Kepala sekolah juga tergolong seorang pemimpin yang inovatif karena selalu berusaha dengan menggunakan segala kemampuannya untuk dapat menghasilkan sesuatu yang terbaik dan bermanfaat bagi warga sekolah.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Model, Kepemimpinan, Kepala Sekolah, school leadership
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3202 Administrasi dan Manajemen
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Sdr Prakerin 123
Date Deposited: 31 Jan 2019 00:44
Last Modified: 31 Jan 2019 00:44
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/4954

Actions (login required)

View Item View Item