KOMPETENSI SOSIAL GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK NEGERI 1 BAWANG KECAMATAN BAWANG KABUPATEN BANJARNEGARA

GANANG WAHYU PERMANA, 1423301093 KOMPETENSI SOSIAL GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK NEGERI 1 BAWANG KECAMATAN BAWANG KABUPATEN BANJARNEGARA. Skripsi thesis, UNSPECIFIED.

[img]
Preview
Text
JUDUL, BAB 1, BAB 5, DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (881kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL GANANG.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Sosok guru adalah orang yang identik dengan pihak yang memiliki tugas dan tanggung jawab membentuk sikap dan moralitas generasi bangsa. Keberadaan guru bagi suatu bangsa sangatlah penting. Terlebih bagi keberlangsungan hidup bangsa ditengah-tengah lintasan perjalanan zaman dengan teknologi yang kian canggih dengan segala perubahan yang dinamik. Dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasioanal Nomor 16 tahun 2007 disebutkan bahwa kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang guru meliputi kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi professional, dan kompetensi sosial yang diperoleh melalui pendidikan profesi. Kompetensi sosial sebagai bagaian dari empat kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang guru, dan memiliki peranan yang penting di dalam keberhasilan pendidikan secara umum sebagaimana tiga kompetensi yang lain. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kompetensi sosial guru Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 1 Bawang Kecamatan Bawang Kabupaten Banjarnegara. Sedangkan manfaat yang dapat diambil dari penelitian ini adalah sebagai bahan informasi bagi para guru Pendidikan Agama Islam dan wawasan terhadap peneliti Penelitian ini merupakan peneliti lapangan (Field Research). Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian adalah SMK Negeri 1 Bawang dengan subjek utama adalah guru Pendidikan Agama Islam yang berjumlah empat orang yaitu, Munfarid, M.Pd, Mariah, M.Pd, M. Shofaul Huda, S.Pd, dan Vena rointan, S.Pd. Metode yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan verivikasi atau kesimpulan. Dari hasil penelitian yang dilakukan penulis dapat disimpulkan bahwa penguasaan kompetensi sosial guru pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 1 Bawang Kecamatan Bawang Kabupaten Banjarnegara sudah baik. Karena dari 9 indikator kompetensi sosial yang ada dalam Permendiknas No. 16 tahun 2007. Para guru Pendidikan Agama Islam sudah mampu menguasai sembilan indikator kompetensi sosial tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi, Sosial, Guru, pendidikan Agama Islam
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sdr Prakerin 123
Date Deposited: 23 Jan 2019 06:45
Last Modified: 23 Jan 2019 06:45
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/4944

Actions (login required)

View Item View Item