StrategiPemasaranRadio Utari FM Cilacap dalam Meningkatkan Jumlah Pemasang Iklan

Dwi, Propitasari (2016) StrategiPemasaranRadio Utari FM Cilacap dalam Meningkatkan Jumlah Pemasang Iklan. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover, Bab I, Bab V, Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
Dwi Propitasari_Strategi Pemasaran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul Strategi Pemasaran Radio Utari FM Cilacap dalam Meningkatkan Jumlah Pemasang Iklan. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui strategi pemasaran yang diterapkan oleh radio Utari FM Cilacap dalam meningkatkan jumlah pemasang iklan, dan (2) untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi strategi pemasaran pada radio Utari FM Cilacap dalam meningkatkan jumlah pemasang iklan. Penelitian ini dilakukan di Cilacap selama 3 (tiga) bulan yang dimulai pada bulan April – Juni 2016. Penelitian ini dilakukan di radio Utari FM Cilacap yang bertempat di Jl. Tentara Pelajar No. 9 Tritih Kulon, Cilacap Utara. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Selanjutnya data yang diperoleh diolah secara deskriptif kualitatif model interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran radio Utari FM Cilacap dalam meningkatkan jumlah pemasang iklan adalah menggunakan strategi pemasaran yang termasuk dalam bagian setiap elemen-elemen bauran promosi (promotional mix) yaitu: pertama, elemen periklanan (advertising) menggunakan brosur dan media luar ruangan. kedua, elemen hubungan masyarakat (public relation) dengan menjaga hubungan baik dengan berbagai pihak seperti pendengar dan lembaga pemerintahan serta mengadakan even-event khusus. ketiga, elemen promosi penjualan (sales promotion)dengan memberikan potongan harga/diskon, paket hemat dan bonus.dan keempat, elemen penjualan personal (personal selling) dengan melakukan presentasi penjualan, pemasaran jarak jauh dan door to door. Penelitian ini juga menemukan beberapa faktor yang mendukung dan menghambat strategi pemasaran yang telah direncanakan. Faktor pendukung antara lain: radio Utari FM Cilacap mempunyai format program acara yang menjangkau segmentasi umum (general) karena di Kabupaten Cilacap segmentasi umum (general) masih sangat prospektif untuk di bidik dan berbeda dengan radio lain. Sehingga dapat membuka peluang besar untuk mendapatkan pemasang iklan. Serta radio Utari FM Cilacap mempunyai hubungan kerjasama yang baik dengan berbagai pihak. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu kurangnya koordinasi antar bagian dalam organisasi, dan adanya media pesaing yang belum menjadi media penyiaran yang resmi dalam Persatuan Radio Siaran Swasta Nasional Indonesia (PRSSNI).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Radio Utari FM Cilacapdan Strategi Pemasaran
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 659 Advertising and public relations
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto
Date Deposited: 21 Jul 2016 00:49
Last Modified: 21 Jul 2016 01:04
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/486

Actions (login required)

View Item View Item