PEMBELAJARAN TAHFIDZ JUZ ‘AMMA KELAS V DIMI DARUSSALAM SIBRAMA KECAMATAN KEMRANJEN KABUPATEN BANYUMAS

SUHUD SUDRAJAT, NIM. 1123301127 (2016) PEMBELAJARAN TAHFIDZ JUZ ‘AMMA KELAS V DIMI DARUSSALAM SIBRAMA KECAMATAN KEMRANJEN KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Cover, Bab I, V, Daftar Pustaka.pdf

Download (18MB) | Preview
[img] Text
SUHUD SUDRAJAT_PEMBELAJARAN TAHFIDZ JUZ ‘AMMA KELAS V DI MI DARUSSALAM SIBRAMA KECAMATAN KEMRANJEN KABUPATEN BANYUMAS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (19MB)

Abstract

Anak-anak adalah potensi yang baik untuk membangun dan mengokohkan sebuah masyarakat serta menjaga Al-Qur’an. Namun dizaman modern seperti sekarang ini anak-anak yang mempelajari Al-Qur’an masih sedikit apalagi menghafal Al-Qur’an. Untuk menarik minat mereka perlu adanya metode pembelajaran yang memudahkan dan sistematis karena hal itu dapat menunjang keberhasilan menghafal Al-Qur’an. MI Darussalam Sibrama adalah salah satu madrasah yang mampu menghasilkan prestasi yang cukup memuaskan khususnya dalam menghafal Juz’Amma. Gurutahfidz Juz ‘Amma menggunakan metode yang bervariasi, ada berbagai metode yang di gunakan dalam mengajar siswa dan meningkatkan kualitas pendidikan khususnya pembelajaran tahfidz Juz ‘Amma. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui proses perencanaan, pelaksanaan, metode dan evaluasi pembelajaran Tahfidz Juz ‘Amma di MI Darussalam Sibrama. Penelitian ini merupakan penelitian Kualitatif, yaitu penelitian untuk mengumpulkan informasi mengenai keadaan yang ada pada saat penelitian dilakukan. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi serta sumber data penelitian ini adalah guru pengampu tahfidz Juz ‘Amma kepala madrasah MI Darussalam Sibrama, peserta didik, dan karyawan, sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan selama di lapangan model Miles and Huberman, yaitu dengan data reduction (reduksi data), data display (penyajian data), conclusiondrawing / verification (penarikan kesimpulan). Dari analisis data tersebut baru dapat ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa langkah-langkah MI Darussalam Sibrama dalam pelaksanaanya ada dua, pertama adalah dengan adanya kegiatan tahfidz Juz ‘Amma yang meliputi kegiatan harian,kegiatan midsemesteran,kegiatan semesteran, /kegiatan tahunan. Kedua adalah mekanisme menghafal Juz ‘Amma yang meliputi mengulang hafalan yang telah diperoleh, dan meyetorkan hafalan baru, untuk metode yang digunakanadalah metode menghafal per ayat, metode pengulangan, dan metode tasmi’, adapun bentuk penilaian /evaluasi yaitu sistem setoran hafalan harian, setoran hafalan mid semester, setoran hafalan semesteran atau setoran akhir tahfidz. Kata Kunci: Pembelajaran Tahfid Juz ‘Amma.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1224 Recitation and Reading
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Abd El-Rohim El-Qathamiyyi
Date Deposited: 15 Jul 2016 06:59
Last Modified: 15 Jul 2016 06:59
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/479

Actions (login required)

View Item View Item