IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN FIKIH KELAS V DI SD TERPADU PUTRA HARAPAN PURWOKERTO

SUBAIDAH YAENA, 1323301267 (2018) IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN FIKIH KELAS V DI SD TERPADU PUTRA HARAPAN PURWOKERTO. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BABI_BABV_DAFTARPUSTAKA.pdf

Download (438kB) | Preview
[img] Text
SUBAIDAH YAENA_IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMB.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pendekatan saintifik dimaksudkan untuk memudahkan guru atau pengembang kurikulum dalam memperbaiki proses pembelajaran, yaitu dengan memecahkan proses menjadi langlah-langkah yang lebih terperinci dan memuat intsruksi untuk peserta didik dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran. Pendekatan saintifik adalah pembelajaran yang dirancang sedemikian rupa agar peserta didik secara aktif membangun konsep, hukum, atau prinsip melalui tahapan-tahapan mengamati, menanya, mencoba, menalar dan mengkomonikasi. Dengan menggunakan pendekatan saintifik terbukti bahwa hasil ualangan siswa kelas V SD Terpadu Putra Harapan Purwokerto semuanya diatas Kritria Kelulusan Minimum (KKM) untuk mata pelajaran Fikih. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuai implementasi pendekatan saintifik dalam pembelajaran Fikih di SD Terpadu Putra Harapan Purwokerto. Penelitian yang penulis lakukan adalah penelitian lapangan (field research) yang dalam mengumpulkan datanya dilakukan secara langsung dari lokasi penelitian. Yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah Guru Fikih kelas V yaitu ibu Sri Khusnul Wy dan siswa kelas V. Objek yang dikaji adalah implementasi pendekatan saintifik dalam pembelajaran Fikih yang ada di SD Terpadu Putra Harapan Purwokerto dan diterapkan oleh ibu Sri Khusnul Wy. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah: wawancara, observasi,dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah model Miles Huberman dengan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ketika menerapkan pendekata saintifik dalam pembelajaran Fikih di SD Terpadu Putra Harapan Purwokerto ibu Sri Khusnul Wy sudah mengacu atau berpedoman terlebih dahulu pada teori yang ada. Adapun langkah-langkah yang diterapkan adalah mengamati, menanya, mencoba, menalar, dan mengkomunikasikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi Pendekatan Saintifik, Pembelajaran Fikih
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 12 Nov 2018 11:24
Last Modified: 12 Nov 2018 11:24
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/4740

Actions (login required)

View Item View Item