Kompetensi pedagogik Guru Bahasa Arab di SMP Bustanul Ulum dan SMP Muhammadiyah 2 Desa Winduaji Kecamatan Paguyangan Kabupaten Brebes Tahun Ajaran 2017/2018 BRILIYANTI ADE SAPUTRI NIM: 1423302053

BRILIYANTI ADE SAPUTRI, 1423302053 (2018) Kompetensi pedagogik Guru Bahasa Arab di SMP Bustanul Ulum dan SMP Muhammadiyah 2 Desa Winduaji Kecamatan Paguyangan Kabupaten Brebes Tahun Ajaran 2017/2018 BRILIYANTI ADE SAPUTRI NIM: 1423302053. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
BRILIYANTI ADE SAPUTRI_COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (495kB) | Preview
[img] Text
BRILIYANTI ADE SAPUTRI_KOMPETENSI PADAGOGIK GURU BAHASA ARAB DI SMP BUSTANUL ULUM DAN SMP MUHAMMADIYAH 2 DESA WINDUAJI KE~1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (691kB)

Abstract

Guru harus memiliki kompetensi yang telah ditetapkan oleh pemerintah, yaitu kompetensi profesional, kompetensi pedagogik, kompetensi sosial dan kompetensi kepribadian. Keempat standar kompetensi tersebut minimal harus dimiliki oleh seorang guru. Meskipun pada nyatanya tidak sedikit guru yang mengesampingkan hal tersebut, padahal hal ini sangat berpengaruh terhadap proses pembelajaran yang berdampak pada tujuannya, apakah tercapai atau tidak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengungkapkan kompetensi pedagogik guru bahasa Arab di SMP Bustanul Ulum dan SMP Muhammadiyah 2 Desa Winduaji Kecamatan Paguyangan Kabupaten Brebes baik dari pemahaman peserta didik hingga penilaian atau evaluasi. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field Research) yang bersifat deskriptif kualitatif. Subjek penelitiannya adalah Kepala sekolah sekaligus pengampu mata pelajaran bahasa Arab baik di SMP Bustanul Ulum maupun SMP Muhammadiyah 2 serta peserta didiknya. Adapun teknik pengumpulan datanya dengan metode Wawancara, Observasi dan Dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data (data reduction), penyajian data (data display) dan kesimpulan (conclusion drawing), yaitu memilih, menyederhanakan, memfokuskan, mengabstraksi dan mengubah data kasar ke dalam catatan lapangan, yang kemudian mengorganisasi data dalam suatu tatanan informasi yang padat atau kaya makna, sehingga dapat dengan mudah ditarik kesimpulan. Terkait dengan Kompetensi guru bahasa Arab di SMP Bustanul Ulum sudah masuk dalam kategori ‘Menguasai Sekali’ dengan memenuhi sebanyak 36 dari 45 indikator yang ada, sedangkan SMP Muhammadiyah 2 Desa Winduaji Kecamatan Paguyangan Kabupaten Brebes sudah masuk dalam kategori “Menguasai” dalam menerapkan aspek pedagogiknya yaitu sudah memenuhi 31 dari 45 indikator yang ada. Kata Kunci: Kompetensi Pedagogik, Guru bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Pedagogik, Guru bahasa Arab.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Teachers and Teaching
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 07 Nov 2018 11:19
Last Modified: 07 Nov 2018 11:19
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/4716

Actions (login required)

View Item View Item