PENGARUH PENGELOLAAN KELAS TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SD NEGERI TAMBAKSARI KEMBARAN

NIA ADIL MAHRIFATUN, 13233030008 (2018) PENGARUH PENGELOLAAN KELAS TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SD NEGERI TAMBAKSARI KEMBARAN. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER _BAB I _BAB V _DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (660kB) | Preview
[img] Text
PENGARUH PENGELOLAAN KELAS TERHADAP MOTIFASI BELAJAR SISWA DI NEGERI TAMBAKSARI KEMBARAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pengelolaankelaspentingkarenadapatmembuatsiswanyamandanbetahdalam proses kegiatanbelajar. Sehinggadiharapkanmenambahdanmeningkatkansemangatbelajarsiswa.Dalamkegiatanpengelolaankelas, menciptakankondisibelajar yang nyamandanmenyenangkan, menerapkan modelpembelajaran yang variatifsertamenjadi guru yang dapatmembangunkomunikasi yang baikdengansiswahalitudapatmeningkatkanmotivasibelajarsiswa. Jenispenelitian yang digunakanpenulisadalahpenelitianlapanganbersifatdeskriptiKuantitatif.ObjekpenelitianyaadalahpnegelolaanKelasdanmotivasibelajarsiswa di SD NegeriTambaksariKembaran.Sampeldalampenelitianiniadalahseluruhanggotapopulasisiswakelas V SD NegeriTambaksariKembaran yang berjumlah 52 responden.Pengambilansampeldilakukandenganmenggunakantekniknon probabilitysampling.KemudiandigunakanmetodeSampling Jenuh, yaituteknikpenentuansampelbilasemuaangggotapopulasidigunakansebagaisampel.Teknikpengumpulan data dalampenelitianinimenggunakanobservasi, angket, wawancaradandokumentasi.Sedangkanteknikanalisis data adalahdenganmenggunakananalisisregresi linear sederhana yang berfungsiuntukmengetahuiadatidaknyapengaruhpengelolaankelasterhadapmotivasibelajarsiswa di SD NegeriTambaksariKembaran. Berdasarkanhasilpenelitian yang dilakukan, diperolehkesimpulanbahwaterdapatpengaruhsignifikanpengelolaankelasterhadapmotivasibelajarsiswa di SD NegeriTambaksariKembaran.Besarnyapengaruhtersebutdapatdilihatdaribesar R Square menunjukanbesarpengaruhdariVariabel X terhadapVariabel Y, yaitu 0, 152= 15,2%. Artinya, besaranpengaruhvariabelpengelolaankelasterhadapmotivasibelajarsiswaadalahsebesar 15,2% sedangkansisanya 84,8% dipengaruhiolehfaktor lain. Dari persamaanregresijugadiperlihatkanbesarnya Y= 28,827 + 0,370X. Koefisien b dinamakankoefisienarahregresidanmenyatakanperubahan rata-rata variabel Y untuksetiapperubahanvariabel X sebesarsatusatuan.Perubahaninimerupakanpertambahanbila b bertandapositifdanpenurunanbila b bertandapositif..Persamaantersebutmenunjukanbila b bertandapositif yang artinyaapabilapengelolaankelas (X) meningkat 1 makaMotivasiBelajarSiswa (Y) akanbertambah 0,370.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: :PengelolaanKelas, MotivasiBelajarSiswa
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 370.1 Phylosophy and Theory of Education > 370.15 Psychology of Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 24 Oct 2018 01:49
Last Modified: 24 Oct 2018 01:49
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/4623

Actions (login required)

View Item View Item