PENINGKATAN HASIL BELAJARMATA PELAJARAN MATEMATIKAPOKOK BAHASAN PERKALIAN DAN PEMBAGIAN BILANGAN MELALUIPEMANFAATAN ALAT PERAGA PADA SISWA KELAS II SEMESTER II DI MI MA’ARIF NU 1 RANCAMAYA TAHUN PELAJARAN 2013/2014

SAMSUL BAHRI, NIM. 1123306148 (2016) PENINGKATAN HASIL BELAJARMATA PELAJARAN MATEMATIKAPOKOK BAHASAN PERKALIAN DAN PEMBAGIAN BILANGAN MELALUIPEMANFAATAN ALAT PERAGA PADA SISWA KELAS II SEMESTER II DI MI MA’ARIF NU 1 RANCAMAYA TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Cover, Bab I, V, Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
SAMSUL BAHRI_PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA POKOK BAHASAN PERKALIAN DAN PEMBAGIAN BILANGAN MELALUI PEMANFAATAN ALAT PERAGA PADA SISWA KELAS II SEMESTER II DI MI MA’ARIF NU 1 RANCAMAYA TAHUN PELAJARAN 20132014.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Proses belajar mengajar yang dilakukan antara guru dan siswa akan menghasilkan prestasi belajar/hasil belajar siswa. Hasil belajar sangat dipengaruhi oleh proses pembelajaran. Keberhasilan dalam pembelajaran tentunya didukung oleh penggunaan media yang tepat, penerapan strategi pembelajaran yang efektif, dan suasana belajar yang nyaman sebagai upaya mencapai tujuan pendidikan.Salah satu mata pelajaran yang sangat penting diajarkan siswa dan diterapkan media/alat peraga benda konkrit adalah matematika. Matematika merupakan disiplin ilmu yang mempunyai sifat khas. Objek matematika merupakan benda pikiran yang sifatnya abstrak dan tidak dapat diamati dengan pancaindera. Salah satu cara untuk menjembatani agar matematika yang bersifat abstrak tersebut mudah dipahami oleh siswa adalah dengan memanfaatkan media dalam pembelajaran matematika. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). PTK adalah suatu bentuk penelitian yang bersifat reflektif dengan melakukan tindakan-tindakan tertentu agar dapat memperbaiki dan atau meningkatkan praktik-praktik pembelajaran di kelas secara professional.Subjekpenelitian ini adalah siswa kelas II yang berjumlah 17 siswa terdiri dari 13 putra dan 4 putri. Sedangkan Objek dalam penelitian ini adalah mata pelajaran Matematika melalui pemanfaatan alat peraga pokok bahasan perkalian dan pembagian bilangan. Berdasarkan hasil analisis dan hasil temuan, peneliti dapat mengambil kesimpulan bahwa penggunaaan alat peraga bagi siswa kelas II MI Ma’arif NU 1 Rancamaya dengan pokok bahasan Perkalian dan Pembagian Bilangan mampu meningkatkan hasil belajar dan minat belajar siswa. Pada studi awal, siswa yang tuntas belajar sebanyak 6 siswa dari 17 siswa. pra siklus, perolehan nilai siswa yang tuntas hanya ada 6 siswa atau 35,29% dengan rata-rata nilai 68. Dengan keadaan tersebut perlu diatasi segera untuk mencapai Standar Ketuntasan Minimal yaitu 75% yaitu dengan pelaksanaan siklus I. Pada siklus I, siswa yang tuntas sebanyak 9 siswa dari 17 siswa dengan perolehan persentase sebesar 47,94% dengan rata-rata 75. Pada Siklus II, siswa yang tuntas sudah cukup baik peningkatannya yaitu 16 siswa dari 17 siswa dengan persentase 89,64% dengan rata-rata nilai 84. Kata Kunci : Hasil Belajar, Alat Peraga Matematika

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Abd El-Rohim El-Qathamiyyi
Date Deposited: 13 Jul 2016 07:13
Last Modified: 13 Jul 2016 07:13
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/462

Actions (login required)

View Item View Item