Implementasi Pemberian Reward sebagai Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Ma’arif NU 1 Purwokerto Barat

Roro Tunang Sari, 1423301112 (2018) Implementasi Pemberian Reward sebagai Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Ma’arif NU 1 Purwokerto Barat. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BABI_BABV_DAFTARPUSTAKA.pdf

Download (351kB) | Preview
[img] Text
RORO TUNANG SARI_IMPLEMENTASI PEMBERIAN REWARD SEBAGAI UPAYA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Motivasi belajar siswa merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan dari pembelajaran. Karena jika dalam diri peserta didik tidak ada dorongan kemauan untuk belajar tentu keberhasilan belajar akan sulit tercipta walaupun pendidik telah mengupayakan kompetensinya. Guru harus mampu menjadi inspirasi bagi peserta didik sehingga peserta didik akan lebih terpacu motivasinya. Pemberian reward dalam pembelajaran dapat menjadi solusi untuk memecahkan masalah mengenai kurangnya motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi Pemberian Reward sebagai Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Ma’arif NU 1 Purwokerto Barat. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan atau field research dimana peneliti terjun langsung ke lapangan untuk memperoleh data dan informasi terkait dengan penelitian yang dilakukan. Penelitian ini disajikan dalam bentuk deskriptif dengan tujuan menggambarkan suatu proses yang terjadi di lapangan. Sedangkan pendekatan yang dilakukan adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan tiga langkah analisis data, yang terdiri dari: Reduksi Data, Penyajian Data dan Penarikan Kesimpulan. Dari hasil penelitian, menunjukkan bahwa implementasi pemberian reward sebagai upaya meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran SKI di MTs Ma’arif NU 1 Purwokerto Barat dilakukan dalam bentuk-bentuk reward yang diberikan kepada siswa berupa pujian, penghormatan, hadiah, dan tanda penghargaan. Dampak dari pemberian reward yaitu (1) tingkat perhatian siswa terhadap pembelajaran meningkat, (2) tingkat keyakinan siswa terhadap kemampuan dalam mengerjakan tugas-tugas pembelajaran, (3) tingkat kepuasan siswa dalam proses pembelajaran yang telah dilaksanakan, (4) menentukan perbuatan yang harus dilakukan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Reward, Motivasi Belajar.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.331 Tsanawiyah
300 Social sciences > 370 Education > 370.1 Phylosophy and Theory of Education > 370.15 Psychology of Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 23 Oct 2018 03:51
Last Modified: 23 Oct 2018 03:51
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/4615

Actions (login required)

View Item View Item