PENGARUH KARAKTERISTIK SYARI’AH MARKETING TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN (Studi Kasus di Duta Mode Purwokerto)

KRISTIANA, NIM. 1223203062 (2016) PENGARUH KARAKTERISTIK SYARI’AH MARKETING TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN (Studi Kasus di Duta Mode Purwokerto). Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
KRISTIANA_PENGARUH KARAKTERISTIK SYARI’AH MARKETING TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN.PDF
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Dalam sebuah bisnis usaha secara umum, persaingan usaha sangat ketat membuat para pesaing atau usaha yang sejenis akan sulit untuk menarik konsumen, sudah banyak usaha yang sama, terlalu banyak prodak dengan berbagai keunggulan serta nilai yang ditawarkan oleh para pesaing , pada kondisi semacam ini banyak perusahaan dalam melakukan kegiatan pemasarannya menyimpang dari prinsip syari’ah hanya untuk memuaskan pelanggan agar mereka tidak beralih ke tempat lain.Yang terjadi di Duta Mode Purwokerto dalam perkembangan jumlah konsumen mengalami peningkatan didugaadanya kepuasan konsumen, permasalahan disini adalah apa yang menyebabkan terjadinya peningkatan jumlah konsumen dan apakah kepuasan konsumen dapat dipengaruhi oleh karakteristik syari’ah marketing. Oleh karena itu dengan adanya fenomena inilah yang mendorong untuk melakukan penelitian dengan judul “Pengaruh Karakteristik Syari’ah Marketing Terhadap Kepuasan Konsumen Studi Kasus Duta Mode Purwokerto Berdasarkan uraian tersebut maka permasalahan yang timbul adalah adakahpengaruh karakteristik syari’ah marketing (teistis, etis, realistis, humanistis) terhadap kepuasan konsumen Studi Kasus Duta Mode Purwokerto. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh karakteristik syari’ah marketing (teistis, etis, realistis, humanistis) terhadap kepuasan konsumen Studi Kasus Duta Mode Purwokerto baik secara simultan (bersama-sama) maupun secara parsial (sendiri-sendiri per variabel). Populasi penelitian ini adalah seluruh konsumen Duta Mode Purwokerto. Pengambilan sampel yang berjumlah 100 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah simple random sampling. Teknik analisa yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Dari hasil perhitungan secara simultan diperoleh bahwa F_hitung 7,392 lebih besar dari F_tabel 2,47, dengan menggunakan batas signifikan 0,05, nilai signifikansi 0,000 lebih kecil dari 0,05, yang berarti hipotesis ada pengaruh bahwa karakteristik syariah marketing (teistis, etis, realistis, humanistis) terhadap kepuasan konsumen. Sedangkan hasil uji parsial diperoleh variabel Teistis t_hitung = 1,24 lebih kecil dari T_tabel = 1,984, variabel Etis t_hitung = 3,428 lebih besar dari bilai t_tabel = 1,984, variabel Realistis t_hitung = 2,265 lebih besar dari bilai t_tabel = 1,984, Sedangkan Untuk variabel Humanistis t_hitung = 0,565 lebih kecil dari t_tabel = 1,984,berarti secara parsial etis dan realistis dinyatakan signifikan dan teistis, dan humanistis dinyatakan tidak signifikan. Berdasar pada penelitian ini diharapkan akan menjadi informasi dan masukan bagiDuta Mode Purwokerto Pati yaitu dapat menjadi bahan pertimbangan baik secara langsung maupun tidak langsung untuk mengevaluasi dalam menerapkan konsep syari’ah marketing yang sebenarnya , pemahaman tentang kepuasan konsumen terhadap bentuk penerapan syari’ah marketing. Kata kunci: karakteristik syari’ah marketing (teistis, etis, realistis, humanistis), kepuasan konsumen.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Restu Umar Fauzi
Date Deposited: 19 Jul 2016 00:58
Last Modified: 19 Jul 2016 00:58
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/455

Actions (login required)

View Item View Item