IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DI MTS MIFTAHUL HUDA PESAWAHAN KECAMATAN RAWALO KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2014/2015

AKHMAD SAEBANI, NIM. 102338111 (2016) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DI MTS MIFTAHUL HUDA PESAWAHAN KECAMATAN RAWALO KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
AKHMAD SAEBANI_IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DI MTS MIFTAHUL HUDA PESAWAHAN KECAMATAN RAWALO KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2014-2015.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Cover, Bab I, Bab V,.pdf

Download (808kB) | Preview

Abstract

Pendidikan karakter merupakan usaha membimbing dan melatih peserta didik untuk mampu melaksanakan nilai-nilai karakter dalam kehidupan sehari-hari. Untuk merealisasikan dalam kehidupan, pendidikan harus dilakukan secara terus menerus, baik dalam lingkup keluarga maupun sekolah sebagai lingkungan pendidikan yang kedua. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses yang dilakukan oleh MTs Miftahul Huda Pesawahan dalam melaksanakan pendidikan karakter bagi siswa, serta menemukan faktor pendukung dan penghambat yang dimiliki dan dihadapi sekolah dalam pelaksanaan pendidikan karakter tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan subjek penelitian (informan) 8 orang yang terdiri dari Kepala Sekolah, Waka Kurikulum, guru Bimbingan Konseling (BK), 1 orang guru PAI sekaligus wali kelas, dan 3 orang wali kelas MTs Miftahul Huda Pesawahan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah model Miles Huberman dengan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses yang dilakukan oleh MTs Miftahul Huda Pesawahan dalam menanamkan nilai karakter adalah melalui tiga tahapan, yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi. Pada tahap pelaksanaan, pendidikan karakter dilakukan melalui metode inklusi nilai, keteladanan, fasilitasi, dan pengembangan kemampuan akademik dan sosial. Sedangkan pada tahap evaluasi pendidikan karakter yang dilakukan adalah evaluasi terhadap karakter siswa, guru, dan pelaksanaan program. Faktor pendukung pelaksanaan ketiga nilai karakter tersebut adalah kesamaan visi misi semua guru, tersedianya berbagai fasilitas, adanya keteladanan guru, dan adanya berbagai pembiasaan yang membuat suasana sekolah menjadi kondusif dalam menanamkan nilai karakter. Sementara faktor penghambat yang ditemukan adalah kurang kesadaran siswa dalam melaksanakan pembiasaan yang di programkan sekolah dan pola asuh orang tua dalam pembiasaan karakter siswa di rumah. Kata kunci: Implementasi, pendidikan karakter.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Restu Umar Fauzi
Date Deposited: 19 Jul 2016 00:57
Last Modified: 19 Jul 2016 00:57
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/451

Actions (login required)

View Item View Item