Lusi Habibilah_PENANGGUNGAN RESIKO OLEH NASABAH DALAM AKAD MUSYA<RAKAH PERSPEKTIF HUKUM ISLAM (Studi Kasus Di PT. BPRS Khasanah Ummat Purwokerto)

Lusi Habibilah, NIM. 102322017 (2015) Lusi Habibilah_PENANGGUNGAN RESIKO OLEH NASABAH DALAM AKAD MUSYA<RAKAH PERSPEKTIF HUKUM ISLAM (Studi Kasus Di PT. BPRS Khasanah Ummat Purwokerto). Diploma thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER, BAB 1,V dan Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
PENANGGUNGAN RESIKO OLEH NASABAH.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Musya<rakahadalah kerjasama pembagian keuntungan dan kerugian. Dalam sebuah aturan musyarakah keuangan, bank dan nasabah keduamya menyumbang modal dan keahlian mereka dalam sebuah proyek. Keuntungan dan kerugian akan dibagi secara normal berdasarkan sumbangan modal. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah faktor-faktor apa saja penyebab penanggungan risiko oleh nasabah dalam pembiayaan Musya>rakahdi PT. BPRS Khasanah Umat Purwokerto? dan bagaimana tinjauan hukumIslam terhadap pelaksanaan penanggungan risiko oleh nasabah dalamdalam pembiayaan Musya>rakahdi PT. BPRS Khasanah Umat Purwokerto? Jenis penelitian dalam penulisan penelitian adalah penelitian lapangan (field research), yaitu suatu penelitian yang dilakukan di lokasi penelitian dengan mengadakan pengamatan tentang suatu fenomena dalam suatu keadaan alamiah. Sedangkan dalam pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi.Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian dilaksanakan di BPRS Khasanah Ummat Purwokerto. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor-faktor penanggungan risiko oleh nasabah yaitu adanya biaya yang harus ditanggung oleh nasabah, adanya sanksi keterlambatan yang harus ditanggung oleh nasabah karena kondisi usaha yang dikelola oleh nasabah dan adanya jaminan berupa segala harta kekayaan yang dimiliki oleh nasabah. Dalam pelaksanaan akad musha>rakahdi BPRS Khasanah Ummat belum sesuai dengan Dewan Syariah Nasional MUI dan PSAK no. 106 mendefinisikan musya<rakah sebagai akad kerjasama antara dua pihak atau lebih untuk suatu usaha tertentu, di mana masing-masing pihak memberikan kontribusi dana dengan ketentuan bahwa keuntungan dibagi berdasarkan kesepakatan sedangkan kerugian berdasarkan kontribusi dana. Kata Kunci : Penanggungan risiko, akad pembiayaan musya>rakahdan hukum Islam

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law > 346 Private law (perdata) > 346.07 Commercial Law
300 Social sciences > 340 Law > 346 Private law (perdata) > 346.08 Banking & Insurance Law
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Mas Ubaidillah Purwosaputro
Date Deposited: 13 Jul 2016 01:42
Last Modified: 14 Jul 2016 08:37
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/448

Actions (login required)

View Item View Item