PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS DI SDIT AL IRSYAD AL ISLAMIYYAH 01 PURWOKERTO

Nur, Khoniah (2016) PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS DI SDIT AL IRSYAD AL ISLAMIYYAH 01 PURWOKERTO. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (379kB) | Preview
[img] Text
Nur Khoniah_Pendidikan Karakter Religius di Sekolah Dasar Islam Terpadu Al Irsyad Al Islamiyyah 0.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Karakter merupakan salah satu hal penting yang harus ada pada diri manusia, baik dalam kehidupan manusia sebagai makhluk individu maupun sebagai anggota masyarakat dan bangsa. Maju mundurnya sebuah masyarakat bergantung pada karakter manusianya. Degradasi moral yang terjadi akhir-akhir ini membuat pemerintah harus mengambil langkah tepat dengan memasukan pendidikan karakter religius melalui kurikulum pendidikan nasional. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah bagaimana pendidikan karakter religius di SDIT Al Irsyad Al Islamiyyah 01 Purwokerto. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan pendidikan karakter religius di SDIT Al Irsyad Al Islamiyyah 01 Purwokerto. Manfaatnya secara akademis adalah untuk memberikan pengetahuan dalam bidang pendidikan islam, memperkaya wawasan ilmu pengetahuan bagi peneliti dan bagi pembaca tentang pendidikan karakter religius, menjadi sumbangan pemikiran bagi para pendidik dan calon pendidik dalam hal pendidikan karakter religius di sekolah. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data yang diperoleh, penulis lakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, verifikasi dan penyimpulan data. Hasil dari penelitian ini, pendidikan karakter religius dilaksanakan melalui kegiatan-kegiatan yang mengandung nilai religi, dengan mengunakan pendekatan penanaman nilai, pendekatan perkembangan moral kognitif, pendekatan analisis nilai, pendekatan klarifikasi nilai, dan pendekatan pembelajaran berbuat. Metode yang digunakan yaitu metode pembiasaan, metode keteladanan, metode nasihat, metode pengamatan dan pengawasan, serta metode hukuman. Strategi yang digunakan yaitu dengan cara pengembangan kebudayaan religius secara rutin dalam hari-hari belajar biasa, menciptakan lingkungan lembaga pendidikan yang mendukung, pendidikan agama tidak hanya disampaikan secara formal dalam mata pelajaran agama, tetapi juga dilakukandiluar proses pembelajaran agama, menciptakan situasi atau keadaan religius, memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengekspresikan diri, menumbuhkan bakat, minat, dan kreativitas pendidikan agama dalam ketrampilan dan seni,menyelenggarakan berbagai perlombaan seperti cerdas cermat untuk melatih dan membiasakan keberanian, kecepatan, dan ketepatan menyampaikan pengetahuan dan mempraktikkan materi pendidikan agama Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan karakter religius
Subjects: 200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto
Date Deposited: 12 Jul 2016 08:21
Last Modified: 12 Jul 2016 08:21
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/447

Actions (login required)

View Item View Item