METODE PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD NEGERI 2 WINDUJAYA KECAMATAN KEDUNGBANTENG KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Mukharir Aziz, NIM: 1123304102 (2016) METODE PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD NEGERI 2 WINDUJAYA KECAMATAN KEDUNGBANTENG KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Skripsi thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Cover, Bab I, V, Daftar Pustaka.pdf

Download (153MB) | Preview
[img] Text
MUKHARIR AZIZ_METODE PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD NEGERI 2 WINDUJAYA KECAMATAN KEDUNGBANTENG KABUPATEN BANYUMAS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (154MB)

Abstract

Dalam proses pembelajaran mata pelajaran Pendidikan Agama Islam terdiri dari beberapa komponen yang saling berkaitan berhubungan antara satu dengan yang lainnya. Komponen-komponen pembelajaran tersebut mempunyai tugas masing-masing yang saling berkaitan untuk mencapai tujuan pembelajaran tersebut yang tidak kalah pentingnya adalah metode pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran berlangsung yang sesuai dengan materi-materi yang diajarkan dengan kondisi siswa pada saat mengikuti proses pembelajaran agar siswa dapat menerima materi pelajaran tersebut dengan baik dan tentunya standar kompetensi dan kompetensi dasar yang telah ditentukan dapat tercapai. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mendeskripsikan tentang metode pembelajaran mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang diterapkan di SD Negeri 2 Windujaya Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan, dengan jenis penelitiannya kualitatif. Subjek penelitian adalah guru PAI, siswa dan kepala SD Negeri 2 Windujaya. Sedangkan objek penelitian ini adalah metode pembelajaran PAI. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisa deskriptif kualitatif yang terdiri atas tiga alur kegiatan yang berlangsung secara bersamaan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik ini digunakan sebagai acuan untuk penulisan hasil penelitian untuk mempermudah dalam memahami deskripsi yang disajikan sebagai hasil akhir dari penelitian sehingga dapat memberikan pemahaman yang semestinya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Pendidikan Agama Islam SD Negeri 2 Windujaya, telah menerapkan berbagai metode dalam menyampaikan materi pelajarannya. Metode yang diterapkan cukup variatif dan keaktifan siswa juga diprioritaskan. Metode pembelajaran yang diterapkan oleh guru PAI di SD Negeri 2 Windujaya adalah ceramah, tanya jawab, pemberian tugas, drill, sorogan, diskusi kelompok, demonstrasi dan praktek, dan sosiodrama. Pemilihan metode pembelajaran telah disesuaikan dengan kompetensi atau materi pelajaran yang harus dikuasai siswa dan waktu yang tersedia. Dalam proses pembelajaran PAI, metode yang diterapkan guru PAI SD Negeri 2 Windujaya tidak digunakan sendiri-sendiri, melainkan merupakan kombinasi dari beberapa metode mengajar yang disesuaikan dengan materi yang akan diajarkan. Hal ini dilakukan, supaya penggunaan metode yang bervariasi akan memaksimalkan pembelajaran PAI di kelas. Kata Kunci: Metode, Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Abd El-Rohim El-Qathamiyyi
Date Deposited: 12 Jul 2016 06:59
Last Modified: 12 Jul 2016 06:59
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/444

Actions (login required)

View Item View Item