PENGARUH LATAR BELAKANG PENDIDIKAN DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP ETOS BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI MTs. DARUL AZIZ MANGGIS KECAMATAN SIRAMPOG KABUPATEN BREBES

Jaelani, Jaelani (2016) PENGARUH LATAR BELAKANG PENDIDIKAN DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP ETOS BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI MTs. DARUL AZIZ MANGGIS KECAMATAN SIRAMPOG KABUPATEN BREBES. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (540kB) | Preview
[img] Text
JAELANI_PENGARUH LATAR BELAKANG PENDIDIKAN DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP ETOS BELAJAR DAN PRE.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Keluarga merupakan lembaga pendidikan paling utama bagi seorang anak, dan orang tua adalah pendidik pertama dalam keluarga. Untuk dapat melaksanakan tanggung jwab sebagai pendidik tersebut, orang tua harus memiliki bekal pendidikan dan pengalaman yang cukup. Latar belakang pendidikan orang tua akan berpengaruh dalam mencapai keberhasilan seorang anak dalam mencapai tujuan pendidikan. Disamping latar belakang pendidikan orang tua tak kalah penting pula perhatian orang tua sangat berpengaruh dalam mencapai keberhasilan anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh latar belakang pendidikan dan perhatian orang tua terhadap etos belajar dan prestasi belajar siswa baik secara bersama-sama maupun secara parsial. Penelitian ini merupakan penelitian populasi, yaitu siswa kelas VII MTs. Darul Aziz Manggis yang berjumlah 65 siswa. Variable yang diteliti terdiri dari variable terikat (Y) yaitu etos belajar (Y1) dan prestasi belajar (Y2) serta variable bebas (X) yang diantaranya latar belakang pendidikan orang tua (X1) dan perhatian orang tua (X2). Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode angket dan dokumentasi. Uji coba instrumen untuk mengetahui validitas dan reabilitas instrument penelitian. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi berganda dengan bantuan program computer IBM SPSS versi 17. Hasil peneltian menunjukan secara parsial variable latar belakang pendidikan orang tua berpengaruh terhadap etos belajar siswa sebesar 27,5%, variable latar belakang pendidikan orang tua berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa sebesar 92,7%, variable perhatian orang tua berpegaruh terhadap etos belajar siswa sebesar 28,8%, variable perhatian orang tua berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa sebesar 69,2%. Hasil penelitian menunjukan latar belakang pendidikan dan perhatian orang tua berpengaruh terhadap etos belajar secara simultan sebesar 92,7% latar belakang pendidikan dan perhatian orang tua berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa secara simultan sebesar 94,1%. Latar belakang pendidikan dan perhatian orang tua berpengaruh terhadap etos belajar dan prestasi belajar siswa MTs. Darul Aziz kelas VII tahun pelajaran 2014/2015. Saran dari penulis, untuk mencapai prestasi belajar yang maksimal diharapkan orang tua memiliki bekal pendidikan yang cukup serta perhatian terhadap anak-anaknya dalam belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.8 Students
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto
Date Deposited: 11 Jul 2016 01:04
Last Modified: 11 Jul 2016 01:04
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/431

Actions (login required)

View Item View Item