MANAJEMEN PROGRAM LITERASI BIDANG KEAGAMAAN DI PONDOK PESANTREN AN-NAJAH DESA RANCAMAYA KECAMATAN CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS

Akhmad Tamrin, 1423303003 (2018) MANAJEMEN PROGRAM LITERASI BIDANG KEAGAMAAN DI PONDOK PESANTREN AN-NAJAH DESA RANCAMAYA KECAMATAN CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN.

[img] Text
AKHMAD THAMRIN_MANAJEMEN PROGRAM LITERASI BIDANG KEAGAMAAN D.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
COVER_DAFTAR ISI_BAB I-BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (738kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan tentang rumusan masalah Bagaimana manajemen program literasi bidang keagamaan di Pondok Pesantren An-Najah Rancamaya, Banyumas? melalui 4 aspek manajemen yaitu perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian diskriptif. Penelitian ini menggunakan metode wawancara mendalam. Data yang dianalisis dalam penelitian ini berupa narasi transkrip yang dihasilkan melalui wawancara dan dokumentasi melalui 3 tahap analisis yaitu reduksi data, penyajian data, verifikasi, dan trianggulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan dalam program literasi dilakukan oleh penyelenggara adalah menentukan tujuan, membuat rencana jangka pendek yaitu dalam kurun waktu 1 tahun dan rencana jangka panjang sebagai tujuan utama dari program literasi dipergunakan agar efektif dan efisien. Pengorganisasian dalam program literasi ini menetapkan struktur organisasi, merumuskan tugas serta menetapkan standar operasional prosedur serta menunjukkan garis kewenangan dan tanggung jawab sesuai dengan posisi. Pelaksanaan program literasi yaitu melaksanakan kegiatan-kegiatan pada tahapan pembudayaan membaca yaitu tahap pembiasaan yang berisi cara pesantren membiasakan warga pesantren untuk membaca dan membangun lingkungan yang literat. Pelaksanaan tahap pengembangan yaitu dengan mengembangankan pembudayaan membaca melalui menulis ringkasan isi buku pada buku diary membaca. Dan tahap terakhir yaitu pembelajaran yaitu memberikan sumbangsi pada pembelajaran yang menggunakan kurikulum 2013. Proses evaluasi dilakukan untuk memastikan seluruh kegiatan yang telah direncanakan, diorganisasikan dan dilaksanakan berjalan sesuai dengan harapan dan tujuan program dengan mendayagunakan guru pendamping untuk evaluator minat baca santri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Program Literasi, Bidang Keagamaan, Pondok Pesantren An-Najah Rancamaya.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.341 Pesantren
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 17 Sep 2018 01:46
Last Modified: 17 Sep 2018 01:49
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/4290

Actions (login required)

View Item View Item