PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN MENGHAFAL JUZ AMMA SISWA KELAS V DI MI MA’ARIF 07 KARANGMANGU KECAMATAN KROYA KABUPATEN CILACAP

MARKHAMAH WALIYA, 1423305067 (2018) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN MENGHAFAL JUZ AMMA SISWA KELAS V DI MI MA’ARIF 07 KARANGMANGU KECAMATAN KROYA KABUPATEN CILACAP. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (536kB) | Preview
[img] Text
MARKHAMAH WALIYA_PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN MENGHAFAL JUZ AMMA SISWA KELAS V DI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Menghafal merupakan bagian dari fungsi ingatan. Dalam menghafal dibutuhkan penunjang untuk mencapai keberhasilannya yaitu harus ada perhatian terhadap objek yang akan dihafal, harus ada kemauan bersungguh-sungguh (motivasi) dan harus ada pengulangan secara teratur. Dalam menghafal Juz Amma juga diperlukan penunjang agar hasil dan kemampuan menghafal Juz Amma semakin baik. Seperti yang dikatakan oleh Hamalik bahwa belajar tanpa motivasi akan sulit untuk berhasil. Sehingga dapat dikatakan bahwa motivasi mempunyai pengaruh terhdap kemampuan mengafal. Dengan adanya motivasi belajar maka kemampuan menghafal Juz Amma siswa akan lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh motivasi belajar terhadap kemampuan menghafal Juz Amma kelas V di MI Ma’arif 07 Karangmangu Kecamatan Kroya Kabupaten Cilacap. Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif untuk meneliti pada sampel atau populasi tertentu. Subjek penelitian adalah siswa kelas V dengan jumlah sebanyak 53 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi, dokumentasi dan wawancara. Sedangkan analisisnya menggunakan regresi linear. Hasil penelitian menyimpulkan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara motivasi belajar terhadap kemampuan menghafal Juz Amma kelas V di MI Ma’arif 07 Karangmangu Kecamatan Kroya Kabupaten Cilacap. Tingkat motivasi belajar kelas V berada pada kategori sedang yaitu bernilai 48 yang terletak pada interval 46,5 – 50,5. Sedangkan kemampuan menghafal Juz Amma kelas V juga berada pada kategori sedang dengan nilai 77 yang terletak pada interval 74,5-79,5. Besarnya sumbangan motivasi belajar terhadap kemampuan menghafal sebesar adalah 13% sedangkan 87% ditentukan oleh variabel atau faktor lain yang tidakdibahas dalam penelitian ini. Kata Kunci: Pengaruh, Motivasi, Belajar, Menghafal, Juz Amma

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Motivasi, Belajar, Menghafal, Juz Amma
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3208 Peserta Didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 13 Sep 2018 08:08
Last Modified: 13 Sep 2018 08:08
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/4260

Actions (login required)

View Item View Item