PEMANFAATAN MEDIA DALAM PEMBELAJARAN IPA KELAS V DI MI DIPONEGORO 03 KARANGKLESEM PURWOKERTO SELATAN KABUPATEN BANYUMAS

LILIN, ASTUTI (2016) PEMANFAATAN MEDIA DALAM PEMBELAJARAN IPA KELAS V DI MI DIPONEGORO 03 KARANGKLESEM PURWOKERTO SELATAN KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
LILIN ASTUTI_PEMANFAATAN MEDIA DALAM PEMBELAJARAN IPA KELAS V DI MI DIPONEGORO 03 KARANGKLESEM .PDF
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Media pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat digunakan dalam membantu proses pembelajaran untuk memudahkan penyampaian atau menyalurkan pesan dari sumber ke penerima guna tercapainya tujuan pembelajaran yang diharapkan. Pembelajaran yang memanfaatkan media akan menjadikan siswa lebih memahami dan mengerti materi yang disampikan guru. Selain itu pemanfaatan media pembelajaran menjadikan proses pembelajaran lebih efektif dan efisisen. Maka dari itu guru dituntut untuk kreatif dalam memanfaatkan media yang tepat dan sesuai dengan materi serta diharapkan dapat diterima dengan mudah oleh siswa. PenulismengambiljudultentangPemanfaatan Media dalamPembelajaran IPA Kelas V di MI Diponegoro 03 KarangklesemPurwokerto Selatan Kabupaten Banyumas. Judul ini penulis susun karena sekolah ini telah memanfaatkan media dalam pembelajaran IPA kelas V. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan bagaiman pemanfaatan media dalam pembelajaran IPA kelas V di MI Diponegoro 03 Karangklesem. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan atau field research, dengan menggunakan pendekatan data kualitatif dan penelitian ini bersifat deskriptif. Subjek penelitian ini yaitu Kepala Madrasah, Guru kelas V, dan siswa kelas V MI Diponegoro 03 Karangklesem. Adapun objek penelitian ini adalah pemanfaatan media dalam pembelajaran IPA kelas V MI Diponegoro 03 Karangklesem Purwokerto Selatan Kabupaten Banyumas. Teknikpengumpulan data dalampenelitianinimenggunakanmetodeobservasi, wawancara, dandokumentasi. Hasil penelitian tentang pemanfaatan media dalam pembelajaran IPA kelas V di MI Diponegoro Karangklesem adalah: a. Pemanfaatan media dalam pembelajaran dapat membantu dan memudahkan guru dalam menyampaikan materi pelajaran, sedangkan bagi siswa mudah memahami dan menerima materi yang disampaikan guru. b. Media yang dimanfaatkan oleh guru kelas V pada mata pelajaran IPA yaitu media cetak, gambar, video, LCD proyektor, papan tulis/white board, benda konkret, KIT IPA, dan media buatan/model. c. Tahap atau langkah pelaksanaan dalam pemanfaatan media pembelajaran yaitu tahap persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Mata pelajaran IPA
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study
500 Natural sciences and mathematics > 507 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto
Date Deposited: 01 Jul 2016 00:29
Last Modified: 01 Jul 2016 00:29
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/425

Actions (login required)

View Item View Item