PEMBENTUKAN KARAKTER MANDIRI DAN RELIGIUS DI ASRAMA MI DARUL HIKMAH BANTARSOKA PURWOKERTO BARAT KABUPATEN BANYUMAS

Yunita Ayu Wardani, 1223301183 (2016) PEMBENTUKAN KARAKTER MANDIRI DAN RELIGIUS DI ASRAMA MI DARUL HIKMAH BANTARSOKA PURWOKERTO BARAT KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (905kB) | Preview
[img] Text
YUNITA AYU WARDANI_PEMBENTUKAN KARAKTER MANDIRI DAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Ada kondisisosial yang membentukterciptanyakarakterdalamdirimanusia.Di sinilah, diperlukansuatuupayauntukmembangunkarakter yang bisamembentukwatakdan mental manusia yang bisamengatasikeadaannya yang didesainolehkekuatandariluarnya.Pendidikanadalah proses pembangunankarakter. Pembangunan karakteradalah proses membentukkarakter, dari yang kurangbaikmenjadi yang lebihbaik. Tergantungpadabekalmasing-masing. Mau dibawakemanamaupunmaudibentuksepertiapakarakteritutergantungkepadapotensinya, mungkindalammaknakedepan, jugatergantungpadapeluangnya.Mandiriadalahsikapdanperilaku yang tidakmudahbergantungpada orang laindalammenyelesaikantugas-tugas.Mandiribagianaksangatpenting.Denganmempunyaisifatmandiri, anaktidakakanmudahbergantungkepada orang lain. Religius adalah nilai-nilai kehidupan yang mencerminkan tumbuh-kembangnya kehidupan beragama yang terdiri dari tiga unsur pokok yaitu aqidah, ibadah, dan akhlak yang menjadi pedoman perilaku sesuai dengan aturan-aturan Illahi untuk mencapai kesejahteraan serta kebahagiaan hidup di dunia dan akhirat. Penelitianinibertujuanuntuk mengetahui pembentukan karakter mandiri dan religius yang dilaksanakan di asrama MI Darul Hikmah Bantarsoka Purwokerto Barat Kabupaten Banyumas.Jenispenelitianiniadalahpenelitianlapanganataufield researchdimanapenelititerjunlangsungkelapanganuntukmemperoleh data daninformasiterkaitdenganpenelitian yang dilakukan.Penelitianinidisajikandalambentukdeskriptifdengantujuanuntukmenggambarkansuatu proses yang terjadi di lapangan. Sedangkanpendekatan yang dilakukanadalahpendekatankualitatif.Teknikpengumpulan data yang digunakan: observasi, wawancara, dandokumentasi. Sedangkanteknikanalisisdatanyamenggunakantiga langkah analisis data, yang terdiridari: Reduksi Data, Penyajian Data danPenarikan Kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembentukan karakter mandiri dan religius sudah dilaksanakan dengan baik di asrama MI Darul Hikmah Bantarsoka. Salah Satunya yaitu dengan adanya kebijakan Madrasah mengenai progam asrama. Metode yang digunakan dalam pembentukan karakter mandiri dan religius itu antara lain: metode pembiasaan, metode pembiasaan, metode nasihat, metode karya wisata, metode bercerita, dan metode hukuman. Bentuk-bentuk karakter mandiri dan religius itu dibuktikan dalam aktivitas sehari-hari, seperti: melaksanakan piket harian, mengikuti kegiatan mengaji, shalat berjamaah, menyiapkan perlengkapan pribadi dan sebagainya. Kata Kunci:Pembentukan Karakter,Mandiri, religius.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Indah Wijaya Antasari
Date Deposited: 30 Jun 2016 07:50
Last Modified: 30 Jun 2016 07:50
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/423

Actions (login required)

View Item View Item