POLA ASUH DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA ANAK KELUARGA JEMAAT AHMADIYAH INDONESIA DUSUN KRUCIL DESA WINONG KECAMATAN BAWANG KABUPATEN BANJARNEGARA

MI KAROMAH, 1423301348 (2018) POLA ASUH DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA ANAK KELUARGA JEMAAT AHMADIYAH INDONESIA DUSUN KRUCIL DESA WINONG KECAMATAN BAWANG KABUPATEN BANJARNEGARA. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_ DAFTAR ISI_BAB I-BAB V_ DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (697kB) | Preview
[img] Text
UMI KAROMAH_POLA ASUH DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA ANAK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan keluarga adalah yang utama dan pertama bagi anak, karena dalam keluarga segala hal dimulai, dilatih, dibiasakan, dan diarahkan. Sehingga peran orang tua sangat dominan dalam menentukan karakter dan masa depan anak. Khususnya dalam hal ini, Pendidikan Agama Islam harus ditanamkan kepada anak sedini mungkin. Manusia lahir dengan fitrah, yaitu suci dan berpotensi baik. Manusia lahir bukanlah sebagai kertas putih, Tuhan telah membekali dengan potensi-potensi baik, maka tugas orang tua untuk menjaga potensi baik anak agar tetap baik atau mengupayakannya agar menjadi lebih baik. Pendidikan Agama Islam harus ditanamkan sedini mungkin pada anak-anak, dengan mengetahui cara serta metode yang terbaik dalam menanamkan Pendidikan Agama Islam pada anak. Sebagaimana yang telah dilakukan oleh keluarga Jemaat Ahmadiyah, dalam keluarga Jemaat Ahmadiyah Pendidikan Agama Islam ditanamkan pada anak sejak dini, dari sudut pandang Ahmadiyah itu sendiri, anak-anak telah dilatih untuk berinfak sejak kecil (candah). Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (Field Research), dengan jenis penelitian kualitatif. Penelitian ini menggambarkan yang sebenarnya dalam proses pola asuh orang tua kaitannya dengan Pendidikan Agama Islam pada anak dalam keluarga Jemaat Ahmadiyah Dusun Krucil Desa Winong Kecamatan Bawang Kabupaten Banjarnegara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini untuk memperoleh data-data diantaranya yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola asuh yang diterapkan oleh keluarga Jemaat Ahmadiyah pada usia pra-sekolah cenderung menggunakan pola asuh situasional sedangkan pola asuh yang diterapkan pada usia sekolah untuk tingkat Sekolah Dasar ada 1 keluarga yang menggunakan pola asuh demokratis sedangkan yang lain cenderung pada pola asuhotoriter, sedangkan untuk pola asuh pada anak usia SMP cenderung pada pola asuh demokratis, dan di mana metode yang digunakan dalam mengajarkan Pendidikan Agama Islam pada anak melalui pembiasaan, suri tauladan, dan nasihat. Kata Kunci: Pola Asuh Orang Tua, Pendidikan Agama Islam, dan Keluarga

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pola Asuh Orang Tua, Pendidikan Agama Islam, dan Keluarga
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 05 Sep 2018 08:07
Last Modified: 05 Sep 2018 08:07
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/4215

Actions (login required)

View Item View Item