PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR DI MAN PURWOKERTO 2 TAHUN PELAJARAN 2015/2016

FIFIN ATIQOH, NIM. 1123303038 (2016) PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR DI MAN PURWOKERTO 2 TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Cover, Bab I, V, Daftar Pustaka.pdf

Download (906kB) | Preview
[img] Text
FIFIN ATIQOH_1123303038_PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR DI MAN PURWOKERTO 2 TAHUN PELAJARAN 20152016.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Berbicara tentang pendidikan di lingkungan sekolah, untuk mendukung proses belajar mengajar dan kesediaan data informasi tidak bisa mengabaikan keberadaan dan pentingnya perpustakaan.Perpustakaan adalah tempat menyimpan berbagai jenis informasi dalam berbagai ragam tampilan yang sekaligus berfungsi sebagai sumber belajar.Isi koleksi perpustakaan dapat dipergunakan sebagai informasi untuk diolah menjadi pengetahuan baru.Oleh karena itu, perpustakaan dapat juga berfungsi sebagai tempat meneliti.Namun karena isi koleksi perpustakaan juga termasuk novel dan berbagai jenis cerita lainnya, perpustakaan dikenal juga sebagai tempat hiburan untuk menyegarkan pikiran.Pemanfaatan perpustakaan secara maksimal oleh siswa dapat memudahkan siswa dalam mengerjakan tugas melalui buku-buku yang disediakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana bentuk-bentuk pemanfaatan perpustakaan sebagai sumber belajar di MAN Purwokerto 2 Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian yang penulis lakukan adalah penelitian lapangan (field research) yang dalam mengumpulkan datanya dilakukan secara langsung dari lokasi penelitian. Yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah Wakamad Humas, pustakawan, guru dan siswa. Objek penelitian yang dikaji adalah Pemanfaatan Perpustakaan sebagai Sumber belajar. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah: wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah model Miles Huberman dengan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kesimpulan dari penelitian yang telah dilakukan bahwa bentuk pemanfaatan perpustakaan di MAN Purwokerto 2 adalah sebagai tempat informasi yaitu siswa dan guru memperoleh sumber informasi dengan berkunjung ke perpustakaan sekolah untuk mencari informasi yang dibutuhkan guna menambah wawasan pengetahuannya, serta untuk mengetahui perkembangan informasi terbaru dengan memanfaatkan koleksi perpustakaan. Sebagai tempat pendidikan yaitu meliputi: perpustakaan merupakan sumber ilmu pengetahuan dan tempat kegiatan belajar, kumpulan bahan pustaka (koleksi) di perpustakaan memberikan kesempatan membaca bagi para pengguna perpustakaan, perpustakaan memberikan kesempatan kepada siswa untuk mempelajari cara mempergunakan perpustakaan yang efisien dan efektif, serta perpustakaan memberikan kesempatan kepada para siswa dan guru untuk mengadakan penelitian. sebagai tempat rekreasi hal ini lebih berhubungan dengan ilmu pengetahuan yaitu untuk menghibur diri dengan membaca buku bacaan yang menarik seperti novel, majalah, koran dan lain-lain. Kata kunci: Pemanfaatan, Perpustakaan, Sumber Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Generalities > 020 Library and information sciences
300 Social sciences > 370 Education > 374 Adult education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Abd El-Rohim El-Qathamiyyi
Date Deposited: 30 Jun 2016 06:34
Last Modified: 30 Jun 2016 06:34
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/418

Actions (login required)

View Item View Item