KONSEP ETIKA PELAJAR MENURUT KH. HASYIM ASY’ARI DALAM KITAB ADAB AL ‘ALIM WA AL MUTA’ALLIM DAN IMPLIKASINYA DENGAN PENDIDIKAN DI PESANTREN MAHASISWA AN NAJAH PURWOKERTO

MULIANA ZAHROH, NIM. 1423301281 (2018) KONSEP ETIKA PELAJAR MENURUT KH. HASYIM ASY’ARI DALAM KITAB ADAB AL ‘ALIM WA AL MUTA’ALLIM DAN IMPLIKASINYA DENGAN PENDIDIKAN DI PESANTREN MAHASISWA AN NAJAH PURWOKERTO. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (794kB) | Preview
[img]
Preview
Text
MULIANA ZAHROH_KONSEP ETIKA PELAJAR MENURUT KH. HASYIM ASY’ARI DALAM KITAB ADAB AL ‘ALIM WA AL MU.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Seorang pelajar, mereka memiliki tugas dan kewajiban untuk menuntut ilmu sebaik-baiknya dengan mendayagunakan seluruh kemampuan yang dimilikinya. Salah satu hal penting yang harus diperhatikan oleh pelajar dalam upaya keberhasilan belajarnya adalah memiliki etika atau perilaku yang baik. Di Pesantren Mahasiswa An Najah mengkaji kitab adab al „alim wa al muta‟allim karya KH. Hasyim Asy‟ari yang di dalamnya terdapat etikaetika yang harus dimiliki oleh pelajar dan guru, sehingga dapat diketahui bagaimana keseharian pelajar berkaitan dengan etika yang merupakan implikasi dari pembelajaran kitab tersebut. Untuk itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) bagaimana konsep etika menurut KH. Hasyim Asy‟ari dalam kitab Adab al „Alim wa al Muta‟allim?; (2) Bagaimana implikasi pembelajaran konsep etika pelajar dalam kitab Adab al „Alim wa al Muta‟allim dengan Pendidikan di Pesantren Mahasiswa An Najah? Penelitian ini merupakan jenis penelitian library research semi field research (kajian pustaka semi kualitatif) dengan menggunakan metode deskriptif dan triangulasi. Dengan data primer sebagai sumber utama yaitu kitab Adab al „Alim wa al Muta‟allim dan data sekunder adalah literaturliteratur yang relevan dengan penelitian sebagai sumber data pendukung. Adapun dalam menganalisis data dokumentasi menggunakan metode analisis isi (content analysis) dan analisis data lapangan menggunakan tiga alur kegiatan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Konsep Etika pelajar menurut KH. Hasyim Asy‟ari dalam kitab Adab al „Alim wa al Muta‟allim adalah: (1) Seorang pelajar harus memiliki kontinuitas dan konsentrasi penuh, serta memiliki moralitas dan motivas yang tinggi; (2) Memberi penghormatan yang tinggi kepada guru; (3) Bersungguhsungguh dalam mencari ilmu dan berusaha mengamalkannya. Implikasi dari pembelajaran kitab Adab al „Alim wa al Muta‟allim di Pesantren Mahasiswa An Najah menjadikan santri memiliki rasa khidmat, semangat belajar untuk memadukan dzohir bathin, dunia akherat, dan paling utama akhlaqul karimah kepada kyai, ustadz, dan orangtua

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Adab al Alim wa al Mutaallim, KH. Hasyim Asyari, Pesantren Mahasiswa An Najah
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.341 Pesantren
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.8 Students
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sdri Siswa Prakerin
Date Deposited: 07 Sep 2018 00:33
Last Modified: 07 Sep 2018 00:33
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/4173

Actions (login required)

View Item View Item