PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS V DI MI KECAMATAN SAMPANG KABUPATEN CILACAP

Ery Utami, NIM. 1423305146 (2018) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS V DI MI KECAMATAN SAMPANG KABUPATEN CILACAP. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER__BAB I__BAB V__DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ERI UTAMI__Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas V di MI Kecamata.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya hasil belajar mata pelajaran matematika di MI Kabupaten Cilacap. Kecerdasan emosional dinilai sebagai salah satu faktor yang dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana kecerdasan emosional dan bagaimana hasil belajar mata pelajaran matematika siswa serta mengetahui adakah pengaruh antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar matematika kelas V di MI Kecamatan Sampang Kabupaten Cilacap. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V di MI Kecamatan Sampang Kabupaten Cilacap. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket untuk mengidentifikasi kecerdasan emosi dan instrument tes soal mata pelajaran matematika untuk mengetahui hasil belajar matematika yang diisi oleh siswa, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan dalam pengujian hipotesis penelitian ini adalah korelasi Pearson. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada kategori tinggi diperoleh oleh 30 siswa. Sedangkan untuk kategori cukup tinggi diperoleh oleh 45 siswa dan kategori rendah diperoleh oleh 9 siswa. Berdasarkan nilai sig sebesar 0,003 lebih kecil dari α = 0,05 dan nilai korelasi r = 0,632, sehingga terdapat pengaruh yang signifikan antara kecerdasan emosional terhadap hasil belajar matematika pada taraf yang tinggi di kelas V MI Kecamatan Sampang Kabupaten Cilacap. Menurut Daniel Goleman, dalam bukunya Emotional Intelligence menyatakan bahwa kontribusi IQ bagi keberhasilan seseorang hanya sekitar 20% dan sisanya 80% ditentukan oleh serumpun faktor – faktor yang disebut kecerdasan emosional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Emosional, Hasil Belajar dan Matematika
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3208 Peserta Didik
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.7 Mathematics for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sdri Siswa Prakerin
Date Deposited: 05 Sep 2018 00:14
Last Modified: 05 Sep 2018 00:14
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/4157

Actions (login required)

View Item View Item