MANAJEMEN PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU PAI DALAM PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN DI SMP NEGERI 1 NUSAWUNGU KECAMATAN NUSAWUNGU KABUPATEN CILACAP

TINDHI KINASIH, NIM. 1423303034 (2018) MANAJEMEN PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU PAI DALAM PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN DI SMP NEGERI 1 NUSAWUNGU KECAMATAN NUSAWUNGU KABUPATEN CILACAP. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
TINDHI KINASIH-MANAJEMEN PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU PAI DALAM PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN DI S.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Dalam keseluruhan proses pendidikan, kegiatan pembelajaran merupakan kegiatan yang paling pokok. Hal ini berarti bahwa berhasil tidaknya pencapaian tujuan pendidikan banyak bergantung kepada bagaimana proses pembelajaran dirancang dan dijalankan secara profesional. Salah satu ketrampilan guru yang memegang peranan penting dalam pembelajaran adalah ketrampilan memilih metode. Pemilihan metode berkaitan langsung dengan usaha-usaha guru dalam menampilkan pembelajaran yang sesuai dengan situasi dan kondisi sehingga pencapaian tujuan pembelajaran diperoleh secara optimal. Makin tepat metode yang digunakan oleh guru dalam mengajar, diharapkan makin efektif pula pencapaian tujuan pembelajaran. Untuk itu, seorang guru harus memiliki kemampuan dalam memilih serta menggunakan metode pembelajaran. Supaya kemampuan guru dalam menggunakan metode pembelajaran berkembang, maka dibutuhkan suatu upaya untuk meningkatkannya. Berbagai kegiatan peningkatan kemampuan guru dapat berjalan dengan baik apabila dikelola atau di manage secara baik pula. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai manajemen peningkatan kemampuan guru PAI dalam penggunaan metode pembelajaran di SMP Negeri 1 Nusawungu. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, waka kurikulum dan guru PAI yang ada di SMP Negeri 1 Nusawungu. Objek penelitian ini adalah mengenai manajemen peningkatan kemampuan guru PAI dalam penggunaan metode pembelajaran. Data didapatkan melalui metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen peningkatan kemampuan guru PAI dalam penggunaan metode pembelajaran di SMP Negeri 1 Nusawungu dikatakan cukup baik karena meliputi : perencanaan yang dilakukan secara kolaboratif, pengorganisasian yang dilakukan oleh kepala sekolah selaku manager dengan memperhatikan kemampuan guru, penggerakkan dengan mengikutsertakan guru PAI dalam kegiatan pembinaan baik intern maupun ekstern yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuannya dalam mengajar termasuk dalam penggunaan metode pembelajaran, kemudian pengendalian yang dilakukan oleh kepala sekolah untuk pembinaan intern dan pengawas sekolah untuk pembinaan ekstern. Tentu saja dalam mengelola dan melaksanakan kegiatan tersebut terdapat beberapa faktor pendukung dan faktor penghambat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Peningkatan Kemampuan Guru PAI, Manajemen metode Pembelajaran
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3301 Pengajaran dan Staf Pengajar
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.2 School Administration and Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Sdri Siswa Prakerin
Date Deposited: 12 Aug 2018 23:52
Last Modified: 12 Aug 2018 23:52
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/4110

Actions (login required)

View Item View Item