IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS ICT (INFORMATION AND COMMUNICATION TECHNOLOGY) PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V DI MI DARUL HIKMAH BANTARSOKA PURWOKERTO BARAT PADA TAHUN PELAJARAN

FITRI HANDAYANI, NIM. 1423305192 (2018) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS ICT (INFORMATION AND COMMUNICATION TECHNOLOGY) PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V DI MI DARUL HIKMAH BANTARSOKA PURWOKERTO BARAT PADA TAHUN PELAJARAN. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (361kB) | Preview
[img] Text
FITRI HANDAYANI_IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS ICT (INFORMATION AND COMMUNICATION TECHNOLOGY).pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang masalah ini berangkat dari pembelajaran berbasis ICT (Information and Communication Technology) yang diterapkan pada mata pelajaran IPS dan ternyata memberi perubahan dalam perkembangan motivasi belajar siswa di MI Darul Hikmah Bantarsoka. Dengan menggunakan tampilan materi dalam bentuk video dan slide membuat siswa tertarik dan semangat dalam belajar mata pelajaran IPS. Pembelajaran berbasis ICT (Information and Communication Technology) /TIK adalah suatu sistem pembelajaran di mana dalam proses belajar mengajarnya disesuaikan dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi. Salah satu media pembelajaran berbasis ICT yang digunakan dalam penelitian ini diantaranya menggunakan komputer multimedia. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan atau field research, yang bersifat kualitatif deskriptif. Mengambil lokasi penelitian di MI Darul Hikmah Bantarsoka Purwokerto Barat. Pengumpulan data yang dilakukan dengan menggali sumber data yaitu dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggali sumber dari Kepala Sekolah, Guru Kelas V dan pengamatan langsung dalam implementasi pembelajaran berbasis ICT pada mata pelajaran IPS. Analisis yang digunakan dengan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Sedangkan uji keabsahan data dengan triangulasi sumber, teknik, waktu dan uji kredibilitas perpanjangan pengamatan. Hasil penelitian yang diperoleh peneliti menyimpulkan bahwa guru dalam menerapkan pembelajaran berbasis ICT pada mata pelajaran IPS lebih dominan menggunakan ICT berupa laptop, LCD, dan speaker. Laptop digunakan untuk mencari materi lewat internet dan membuat materi dalam bentuk slide dari program power point, LCD digunakan untuk menampilkan materi sehingga terlihat lebih besar, dan speaker digunkan untuk pengeras suara.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Pembelajaran Berbasis ICT, Mata Pelajaran IPS.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3201 Pengajaran dan Staf Pengajar
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.33 Tools, Equipment and Teaching Materials
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sdri Siswa Prakerin
Date Deposited: 10 Aug 2018 00:15
Last Modified: 10 Aug 2018 00:15
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/4104

Actions (login required)

View Item View Item