MANAJEMEN MUTU PENDIDIKAN DI MI MA’ARIF NU 1 PAGERAJI KECAMATAN CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS

MUNFASIR HIDAYAT, NIM. 1323303037 (2018) MANAJEMEN MUTU PENDIDIKAN DI MI MA’ARIF NU 1 PAGERAJI KECAMATAN CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER-ABSTRAK_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (955kB) | Preview
[img] Text
MUNFASIR HIDAYAT_MANAJEMEN MUTU PENDIDIKAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Menurut Tenner dan De Toro, manajemen mutu diarahkan untuk (1) memenuhi kebutuhan konsumen secara konsisten, dan (2) mencapai peningkatan secara terus menerus dalam setiap aspek aktivitas organisasi. Manajemen mutu berusaha meningkatkan mutu pekerjaan, produktivitas, dan efisiensi melalui perbaikan kinerja Proses seperti ini sangatlah membantu pelaksanaan pendidikan agar dapat berjalan secara maksimal sehingga suatu madrasah dapat menjadi lembaga pendidikan yang berkualitas. Pada sekolah ini, prinsip dalam pelaksanaan manajemen mutu diterapkan dengan baik dari segi akademik maupun non akademik, sehingga prestasi prestasi diraihnya dengan cukup maksimal. Seperti yang telah di sebutkan di atas, penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang penerapan manajemen mutu pendidikan di MI Ma’arif NU 1 Pageraji, yang diterapkan pada segi akademik maupun non akademik. Dari hasil deskripsi dan analisis ini maka penelitian ini dapat bermanfaat sebagai bahan evaluasi, perbaikan dan pengembangan manajemen mutu pendidikan di MI Ma’arif NU 1 Pageraji. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan atau field research dimana peneliti terjun langsung ke lapangan untuk memperoleh data dan informasi terkait dengan penelitian yang dilakukan. Penelitian ini disajikan dalam bentuk deskriptif dengan tujuan untuk menggambarkan suatu proses yang terjadi di lapangan. Sedangkan pendekatan yang dilakukan adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan Model Miles and Huberman, yang terdiridari: Reduksi Data (Data Reduction), Penyajian Data (Data Display) dan Verifikasi (Conclusion Drawing). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan manajemen mutu pendidikan dilakukan dengan menggunakan prinsip-prinsip total quality management. Prinsip yang dimaksud yaitu focus kepada pelanggan, berorientasi jangka panjang, obsesi terhadap kualitas, perbaikan berkesinambungan, serta pendidikan dan pelatihan. Prinsip prinsip total quality management ini di implementasikan ke dalam beberapa kegiatan dan kebijakan yang diarahkan kepada ketercapaian kualitas dari proses belajar pada segi akademik maupun non akademik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: :Manajemen, Manajemen Mutu, Mutu Pendidikan, Manajemen Mutu Pendidikan.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3202 Administrasi dan Manajemen
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Sdri Siswa Prakerin
Date Deposited: 07 Aug 2018 00:05
Last Modified: 07 Aug 2018 00:05
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/4083

Actions (login required)

View Item View Item