PENDIDIKAN KARAKTER SISWA DI SEKOLAH DASAR NEGERI 1 WINDUJAYA KECAMATAN KEDUNGBANTENG KABUPATEN BANYUMAS

MUHAMAD TOYYIB YAKFI, NIM.1423301232 (2018) PENDIDIKAN KARAKTER SISWA DI SEKOLAH DASAR NEGERI 1 WINDUJAYA KECAMATAN KEDUNGBANTENG KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
MUHAMAD TOYYIB YAKFI_PENDIDKAN KARAKTER SISWA DI SEKOLAH DASAR NEGERI 1 WINDUJAYA KECAMATN KEDUNG.PDF
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang pendidikan karakter dalam pembelajaran pada SD Negeri 1 Windujaya. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendiskripsikan penerapan pendidikan karakter dalam proses pembelajaran yang lebih menekankan pada proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada kelas III dan kelas IV SD Negeri 1 Windujaya, 2) Mendiskripsikan faktor penghambat yang dihadapi dalam pendidikan karakter untuk mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas III dan kelas IV SD Negeri 1 Windujaya dan 3) Mengetahui upaya yang dilakukan guru dalam pendidikan karakter pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam SD Negeri 1 Windujaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dengan membatasi penelitian dengan fokus dan memiliki ciri-ciri yang sesuai dengan penelitian kualitatif, subjek penelitian ini adalah guru Pendidikan Agama Islam dan siswa SD Negeri 1 Windujaya. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, dokumentasi dan wawancara. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi, daftar cek RPP, dan pedoman wawancara. Hasil penelitian diperoleh bahwa pendidikan karakter dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 1 Windujaya telah dilaksanakan oleh guru melalui perencanaan. Dalam perencanaan pembelajaran adalah adanya nilai karakter yang termuat dalam RPP yaitu pada KI (kompetensi Inti) dan Kompetensi Dasar (KD). Terdapat beberapa faktor penghambat yang dialami guru dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam yaitu kurangnya kesadaran siswa dalam menaati aturan, motivasi siswa untuk belajar masih kurang, dan kesadaran siswa terhadap tugas dan tanggung jawabnya masih kurang untuk mengurangi hal itu guru menegur siswa secara langsung dan membimbing siswa. Upaya yang dilakukan guru dalam menerapkan pendidikan karakter dalam proses pembelajaran adalah memberi teladan disipllin waktu, memberi teladan dengan menaati aturan, selalu mengecek kehadiran siswa. menumbuhkan rasa ingin tahu dapat melalui apersepsi dan penggunaan media, metode, serta strategi dalam hasil observasi guru selalu menumbuhkan rasa ingin tahu siswa. Selain itu Pemberian tugas individu juga sering kali dilakukan guru untuk menanamkan nilai mandiri, kerja keras, dan tanggung jawab.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendidkan Karakter
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.8 Other Studies for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sdri Siswa Prakerin
Date Deposited: 16 Aug 2018 23:32
Last Modified: 16 Aug 2018 23:32
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/4073

Actions (login required)

View Item View Item