Upaya Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Datar Menggunakan Media Flannelgraph Pada Peserta Didik Kelas III MI Ma’arif Jatisaba Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas

SUKMA MASITHOH, NIM: 082335025 (2016) Upaya Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Datar Menggunakan Media Flannelgraph Pada Peserta Didik Kelas III MI Ma’arif Jatisaba Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas. Skripsi thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Cover, Bab I, V, Daftar Pustaka.pdf

Download (16MB) | Preview
[img]
Preview
Text
SUKMA MASITHOH_Upaya Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Datar Menggunakan Media Flannelgraph Pada Peserta Didik Kelas III MI Ma’arif Jatisaba Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas.pdf

Download (17MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Datar dengan Menggunakan Media Flannelgraph Pada Peserta Didik Kelas III Semester II MI Ma’arif Jatisaba Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2013/2014. Kajiannya dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar Matematika materi bangun datar sub bab mencari keliling persegi dan persegi panjang. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: Apakah pembelajaran menggunakan media Flannelgraph dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi bangun datar pada peserta didik kelas III MI Ma’arif Jatisaba tahun Pelajaran 2013/2014? Permasalahan tersebut dijawab melalui penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di MI Ma’arif Jatisaba dalam 2 siklus yang saling berkesinambungan. Madrasah tersebut dijadikan obyek penelitian dalam menggunakan media Flannelgraph. pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari hasil analisis data menunjukkan, pembelajaran Matematika materi bangun datar menggunakan media Flannelgraph dapat meningkatkan hasil belajar. Hal ini terbukti dari hasil pembelajaran pada pra siklus, siklus I dan siklus II yang semakin meningkat. Sebagai pembanding bahwa kondisi awal yang masih menggunakan metode ceramah hasilnya tidak maksimal. Hal ini terbukti dari nilai ketuntasan belajar pada pra siklus 0%. Sedangkan pada siklus I ketuntasan belajar 58% dan pada siklus II ketuntasan belajar mencapai 100%. Kata Kunci: Hasil Belajar,Matematika, dan Flannelgraph

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Abd El-Rohim El-Qathamiyyi
Date Deposited: 30 Jun 2016 02:28
Last Modified: 30 Jun 2016 02:28
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/407

Actions (login required)

View Item View Item